Google Doodle Ibu Kasur. (Dok. Tangkapan Layar Google Indonesia)

Ini Profil Ibu Kasur yang Dikenang dalam Google Doodle

16 January 2022   |   12:01 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kita semua pasti tidak asing dengan lagu anak-anak populer seperti Bangun Tidur. Lagu-lagu ini merupakan ciptaan mendiang Sandiah atau lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur (16 Januari 1926 – 22 Oktober 2002)  seorang seniman dan tokoh pendidikan Indonesia.
 
Mendiang Sandiah mendapat julukan sebagai Ibu Kasur karena suaminya, Soerjono yang akrab dipanggil Pak Kasur. Keduanya sama-sama aktif di Kepanduan Indonesia, di mana Soerjono kerap dipanggil Kak Soer atau Sur, hingga terciptalah julukan Pak Kasur dan Ibu Kasur.

Kedua pasangan ini menikah pada 29 Juli 1946 dan dikaruniai 5 orang anak.

Peran Ibu Kasur di bidang pendidikan di mulai sejak dia bergabung dengan Kepanduan Indonesia. Bersama Pak Kasur, dia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI. Mereka berdua kemudian mendirikan Taman Kanak-Kanak Mini di Jakarta, pada tahun 1965.
 

Sosok Ibu Kasur juga sangat lekat khususnya pada anak-anak yang tumbuh di era 1990-an. Saat program televisi swasta mulai marak, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Selain bekerja sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga seorang pencipta lagu. Karyanya yang terkenal antara lain Bangun Tidur, Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Beliau juga aktif hadir sebagai pembicara di berbagai seminar yang mengangkat topik tentang pendidikan serta tumbuh kembang anak. Dia juga sempat menjadi pengasuh rubrik di majalah anak-anak, Bocil.

Berbagai penghargaan diraih Ibu Kasur, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah Bintang Budaya Parama Dharma.

Ibu Kasur wafat pada usia 76 tahun, 22 Oktober 2002, di Rumah Sakit Cikini, Jakarta, akibat serangan Stroke. Mendiang dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

SEBELUMNYA

The House, Antologi Stop-Motion Bernuansa Horor di Netflix

BERIKUTNYA

Leonardo DiCaprio Komentari Ending Don't Look Up

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: