dok. unsplash

Ingin Bisnis Franchise Berkembang Pesat? Ini Dia 7 Kunci Suksesnya

13 January 2022   |   14:42 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang sedang ingin mengembangkangkan bisnis, maka salah satu cara yang dapat dilakukan agar usaha yang dijalankan lebih ekspansif adalah dengan menawarkan peluang kemitraan atau franchise. Namun, agar peluang bisnis franchise yang ditawarkan dapat berkembang tidaklah mudah.

Dibutuhkan beberapa stategi agar bisnis tersebut terus berkambang dan mampu menjaring banyak mitra. Ingin tahu seperti apa caranya? 

Berikut tujuh poin penting yang menjadi kunci keberhasilan Ngikan Yuk dalam memperluas sayap bisnisnya melalui konsep franchise atau kemitraan hingga berhasil memiliki  ratusan cabang sejak pertama berdiri pada Oktober 2019 

1. Pastikan Produk Disukai Banyak Orang
Pertama, jika mau sukses dalam mengembangkan konsep franchise maka perhatikan bahwa produk yang ditawarkan memang disukai banyak masyarakat. Seperti yang disebut di atas bahwa sebelum memulai bisnis Ngikan Yuk, pihaknya sudah melakukan proses riset yang cukup lama.

Dari riset tersebut ditemukan bahwa ayam goreng memang favorit, tapi ayam sudah cukup banyak sehingga dipilihkan produk ikan. Lalu bagaimana agar ikan ini juga disukai layaknya ayam? Maka penyajian dan pengolahannya dibuat seperti ayam goreng yakni crispy, tidak amis, dan mudah untuk dimakan karena berupa ayam filet yang tidak ada tulang sehingga lebih diterima masyarakat.

2. Produk Differentiation (Temukan Unique Selling)
Saat ini tentu banyak pelaku usaha yang terjun ke dalam bidang kuliner, pasar sangat penuh. Maka jika ingin diterima dan mendapatkan perhatian masyarakat maka harus buat keunikan atau perbedaan, jangan mengikuti pasar.

“Misalnya orang bermain di ayam, maka kita masuk ke ikan. Orang jual dengan nasi biasa, kita pakai nasi liwet. Untuk cocolan biasanya orang pakai saus sambel kita pakai sambal Nusantara dengan lima pilihan rasa, paling favorit sambal matah,” ujar Co-Founder Ngikan Yuk, Muhammad Ikra.

3. Onlineable.
Artinya produk kuliner tersebut mudah untuk dipesan secara online baik melalui go food maupun grab food. Pasalnya saat ini, masyarakat banyak yang sudah lebih memilih untuk membeli makanan secara online.

“Kita tentu ada untuk menu dine in, tapi juga harus bisa dibeli secara online karena perkembangan teknologi cukup cepat maka harus pastikan mengikuti tren perkembangan teknologi dan pastikan produk ada di setiap platform. Penjualan online ini sangat membantu pada saat masa pandemi ini,” terangnya.

4. Mudah untuk dioperasikan.
Bisnis yang ditujukan akan di-franchise-kan maka harus mudah dioperasikan karena banyak orang yang mau menjalankan usaha tetapi belum ada pengalaman sebelumnya sehingga pemilik usaha harus pastikan bahwa produk yang dijual gampang untuk dibuat.

“Ngikan Yuk kan hanya ikan goreng tepung, pakai nasi, pakai sambal. Bahan bakunya sudah kita sediakan semua. Karyawan hanya tinggal training beberapa hari dan sudah bisa mengoperasikan Ngikan,” ujarnya.

5. Memiliki SOP
Usaha yang akan di-franchise-kan wajib memiliki standar operasional yang detail mulai dari cara menangani inventaris atau peralatan, karyawan, memperlakukan pembeli, hingga proses memasak dan rasa makanan. SOP ini sangat penting sebagai acuan bagi para mitra agar lebih maksimal menjalankan bisnisnya.

6. Lakukan Kontrol Berkala
Meski bisnis tersebut sudah dijalankan oleh mitra, pemilik usaha harus tetap mengirimkan tim untuk melakukan kontrol secara berkala sehingga semua rasa makanan dan proses pelayanan sama di setiap cabang. Sebab, salah satu kelemahan dari bisnis franchise adalah ketidakseragaman produk yang ditemukan antar outlet.

7.  Lakukan Proses Marketing
Hal yang tidak kalah penting adalah pemilik usaha harus selalu menyusun rencana marketing yang jelas baik dalam proses pemasaran, branding, promosi, hingga menyusun menu-menu baru yang diluncurkan secara berkala.

Nah, itu dia tadi tujuh kunci sukses agar bisnis franchise kalian bisa melesat tajam. Semoga sukses.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Cek Nih, 5 Tools Untuk Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar 

BERIKUTNYA

Catat, Ini Tanggal Rilis Game Kirby and the Forgotten Land 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: