Toko aplikasi Galaxy Store (dok. Samsung)

Pengguna Samsung Waspada, Ada Aplikasi Penyebar Malware di Galaxy Store 

29 December 2021   |   11:59 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Toko aplikasi Galaxy Store milik Samsung dilaporkan meng-hosting dan mendistribusikan beberapa aplikasi yang dapat menginfeksi perangkat pelanggan dengan malware. Ini menjadi peringatan bagi perusahaan dan para pengguna perangkat dari raksasa Korea Selatan itu. 

Tech Enthusiast serta penulis di XDA Developer dan Android Police, Max Weinbach, pertama kali melihat masalah ini pada beberapa aplikasi berbasis Showbox di layanan toko aplikasi Galaxy Store yang ada di perangkat-perangkat seluler Samsung. 

Menurutnya, saat melakukan pengunduhan aplikasi terkait dari Galaxy Store, peringatan Google Play Protect akan aktif dan menghentikan penginstalan. Dia mengatakan bahwa setidaknya lima aplikasi berbasis Showbox mungkin berbahaya bagi pengguna. 

(Baca juga: Hati-hati! Ini 10 Tipe Malware yang Bahayakan Komputer & Ponsel)
 

Selain itu, analisis yang dilakukan oleh layanan pemindaian virus dan malware Virustotal pada aplikasi berbasis Showbox itu juga menunjukkan peringatan tingkat rendah. Beberapa aplikasi juga diketahui meminta izin berlebih termasuk akses ke telepon. 

Tak hanya itu, aplikasi berbahaya di Galaxy Store juga diselidiki lebih lanjut oleh analis keamanan seluler Linuxct. Dia juga menyatakan bahwa aplikasi itu berisi teknologi iklan yang mampu mengeksekusi kode dinamis. 

Hal ini berarti aplikasi itu sendiri saat didistribusikan mungkin tidak secara langsung menyertakan malware, tapi dapat mengunduh dan mengeksekusi kode lain yang bisa jadi merupakan virus atau malware yang sesungguhnya. 

Aplikasi dilaporkan sebagai kloning dari aplikasi Showbox dan dengan demikian dapat menyebarkan konten bajakan ke perangkat pengguna yang meng-instal-nya. Sebuah pernyataan juga menyatakan bahwa Showbox sudah tidak aktif selama dua tahun. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kapan Harus Mengganti Filter AC Mobil? Simak Dulu Penjelasan Ini

BERIKUTNYA

Akhirnya Xiaomi Resmi Rilis Smartphone Premium Xiaomi 12 Series 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: