Ayam Rica-rica (Dok. Devina Hermawan/YouTube)

7 Hidangan Khas Indonesia saat Perayaan Natal

25 December 2021   |   10:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat perayaan Natal, tak lengkap rasanya jika tak ada hidangan spesial yang semakin memeriahkan suasana. Tak jauh berbeda dengan di luar negeri, sajian Natal di Indonesia juga umumnya terdiri dari aneka kue, hidangan utama, hingga penutup.

Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki sajian khas yang biasanya dihidangkan saat Natal. Tentu hal itu dikarenakan keragaman budaya dan kuliner Nusantara.

Di momen Natal seperti ini, yuk simak beberapa hidangan yang kerap disajikan saat Natal di Indonesia.
 

1. Klappertaart


Klappertaart merupakan makanan khas Natal Indonesia dari Manado. Kue manis peninggalan Belanda ini terbuat dari kelapa, telur, tepung, susu, dan mentega. Biasanya, klappertaart kerap disantap sebagai hidangan penutup.


2. Ayam Rica-rica


Ayam Rica-rica menjadi hidangan pedas khas Manado yang biasanya dijadikan menu utama saat Natal. Selain rasanya yang pedas dan bumbu rempahnya yang kuat, hidangan ini juga diberi pelengkap daun kemangi untuk membuat aromanya semakin sedap.


3. Selat Solo


Dari Manado, kita pindah ke Solo. Perayaan natal di Solo juga punya hidangan natal khasnya sendiri yaitu selat solo. Selat solo merupakan makanan khas Jawa yang mendapatkan pengaruh dari Eropa.

Hidangan ini mirip seperti steak daging yang lengkap dengan sayuran dan kentang, tetapi ditambahkan sedikit kuah encer. 

(Baca juga: Baju Adat dan Wastra Nusantara Hiasi Katedral Jakarta saat Natal 2021)
 

Ikan kuah kuning (Dok. Rudy TV/YouTube)

Ikan kuah kuning (Dok. Rudy TV/YouTube)


4. Ikan Kuah Kuning


Ikan kuah kuning merupakan makanan yang wajib ada pada perayaan Natal di Maluku. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tongkol, tuna, atau ikan muba yang dimasak dengan rempah dan bumbu kuning dari kunyit dengan cita rasa yang asam dan segar. Paling  cocok hidangan ini disantap dengan papeda.
 

5. Babi Panggang Karo


Babi Panggang Karo (BPK) adalah salah satu hidangan khas masyarakat Sumatra Utara saat Hari Natal. BPK sendiri merupakan sajian dari daging babi yang dipanggang garing, kemudian ditambah dengan bumbu pendamping seperti bawang putih, daun serai, kecap manis, dan sambal khusus.
 

Selat solo (Dok. Chef Yuda Bustara/YouTube)

Selat solo (Dok. Chef Yuda Bustara/YouTube)


6. Ikan Mas Arsik


Makanan lain dari Sumatera Utara yang wajib ada saat Natal adalah Ikan Mas Arsik. Hidangan ini dibuat dengan berbagai bumbu seperti asam patikala, bunga dan buah kecombrang. Untuk menambah cita rasa, hidangan ini biasanya disajikan bersama sambal andaliman.


7. Nastar


Kue kering yang mungil dan enak ini memang sering menghiasi perayaan hari-hari spesial, termasuk Natal. Nastar dengan isian selai nanasnya yang manis dan warna kuningnya yang berkilau menjadi makanan favorit banyak orang yang selalu bikin ketagihan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

7 Game yang Batal Rilis pada 2021 (Bagian 2)

BERIKUTNYA

Rekomendasi Hotel Bintang 5 untuk Staycation saat Natal & Tahun Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: