Dok. Unsplash

Begini Tren Mobilitas Masyarakat Berdasarkan Data Gojek

22 December 2021   |   07:07 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Seiring dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang relatif terkendali, ternyata turut mengubah pola mobilitas masyarakat loh. Data internal Gojek menunjukkan destinasi perjalanan kian variatif, tak hanya ke lokasi aktivitas sehari-hari seperti sekolah, dan perkantoran, tapi juga ke tempat yang bersifat rekreasional.

Berikut aktivitas dan destinasi favorit pilihan pengguna layanan transportasi online yang dikutip dari data internal Gojek.
 

• Pusat perbelanjaan

Sejak PPKM Level 1 diberlakukan, perjalanan menuju pusat perbelanjaan meningkat 22% di bulan November dibandingkan pada bulan Oktober. Area pusat perbelanjaan atau mall yang paling diminati masyarakat antara lain Grand Indonesia, Lotte Shopping Avenue, serta mall di lokasi-lokasi lain seperti Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta Selatan, maupun di area Jalan Letjen S. Parman Tanjung Duren Jakarta Barat.

Data Gojek menunjukkan perjalanan ke pusat perbelanjaan, menempati posisi tertinggi kedua di bawah perjalanan menuju hub transportasi publik seperti stasiun kereta. Agar semakin aman, untuk pergi ke mall pastikan check-in melalui aplikasi PeduliLindungi yang kini dapat pula diakses langsung melalui aplikasi Gojek.
 

• Tempat hits di pusat kota

Ternyata tempat-tempat nongkrong yang punya area outdoor dan sirkulasi udara yang baik, makin diminati oleh pelanggan. Restoran yang tersebar di bilangan Sudirman, Senayan, dan Senopati menjadi destinasi yang kerap dikunjungi pengguna GoCar, utamanya di akhir pekan mulai pukul 18.00.

Dibanding periode-periode sebelum PPKM Level 1, perjalanan ke tempat-tempat tersebut meningkat sebesar 10%. Kembali bergeliatnya restoran ini, turut diikuti dengan perilaku dan kebiasaan yang menyesuaikan dengan situasi pandemi. Jika sebelum pandemi pemesanan layanan Gojek di tempat ini pada pukul 23.00 ke atas terhitung cukup tinggi, berdasarkan data saat ini, pemesanan dari daerah-daerah ini berkisar hanya sampai pukul 21.00 - 22.00.
 

• Tempat Outdoor

Pada masa pandemi, kesadaran akan gaya hidup sehat semakin meningkat. Tak heran, area publik yang bersifat outdoor jadi pilihan. Baik berolahraga, jogging, tracking atau sebagai tempat alternatif  nongkrong  yang lebih aman. 

Berdasarkan data, titik-titik outdoor favorit seperti kawasan Gelora Bung Karno, Kebun Binatang Ragunan, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, taman-taman kota yang belakangan kembali dibuka untuk umum, kunjungannya konsisten meningkat dari minggu ke minggu.

Selain itu ada juga area yang tetap menjadi favorit dari masa ke masa, yaitu Dunia Fantasi Ancol yang bisa jadi pilihan jika ingin pergi ke tempat rekreasi terbesar di Indonesia ini. Pengantaran ke area-area ini meningkat sampai 17% dibanding waktu-waktu sebelumnya.
 

• Rumah sanak famili

Mengunjungi orang tua, keluarga dan teman dekat juga menjadi salah satu kegiatan favorit yang tidak pernah dilewatkan menjelang akhir tahun. Bertemu keluarga menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan karena kita bisa turut memastikan bahwa orang yang akan kita temui ini telah menjalani vaksinasi secara lengkap.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengguna Operator Seluler Indonesia Konsumsi Data Hingga 17 GB Per Bulan

BERIKUTNYA

Booster Vaksin Moderna Tingkatkan Respons Antibodi terhadap Varian Omicron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: