Ilustrasi (Dok. Fleur Kaan/Unsplash)

Kenali 3 Masalah Kulit yang Sering Muncul selama Pandemi

19 December 2021   |   11:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Semenjak pandemi Covid-19, kita jadi terbiasa dengan beberapa cara hidup baru seperti menggunakan masker, hand sanitizer, lebih sering mandi dan cuci tangan, hingga rutinitas berjemur. Meski demikian, kebiasaan tersebut juga nyatanya berisiko menimbulkan permasalahan kesehatan baru terutama pada kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed, Mohammad Yoga Adi Waskito, menuturkan pada masa pandemi ada tiga masalah kulit yang sering terjadi yaitu dermatitis atau eksim, maskne atau jerawat akibat pemakaian masker dan kulit kusam akibat cara berjemur yang salah.

1. Dermatitis/eksim
Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat menimbulkan gejala seperti ruam kemerahan, kulit terasa gatal, kering, dan bersisik. Dokter Yoga mengatakan terdapat berbagai macam dermatitis dengan berbagai penyebabnya dan ciri khas karakteristik yang berbeda-beda.

Misalnya pada Dermatitis Atopik beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya, yaitu faktor genetik, kulit kering, gangguan imun, dan faktor lingkungan.

“Keadaan ini seringkali bertambah parah dengan seringnya kita mandi pada masa pandemi ini yang akan membuat kulit akan menjadi lebih kering dan selanjutnya akan terjadi kerusakan pada struktur kulit yang akan menyebabkan proses peradangan lebih lanjut,” kata Dokter Yoga.

Dermatitis lainnya yaitu Dermatitis Kontak yang terjadi setelah kulit mengalami iritasi/peradangan akibat adanya paparan bahan kimia atau alergen tertentu yang mengenai kulit, seperti sabun, detergen, cairan pembersih rumah tangga, pewarna, pewangi, nikel, lateks, produk make up, atau perhiasan.

“Hal ini juga bertambah sering terjadi pada masa pandemi akibat kita sering mencuci tangan dan menggunakan alkohol based hand sanitizer,” imbuh Dokter Yoga.

Untuk menghindari kulit kering akibat sering mencuci tangan, Dokter Yoga memberikan beberapa tips yaitu cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, keringkan setelahnya dan segera pakai pelembab.

Meski demikian, beberapa eksim sulit dan butuh waktu lama untuk disembuhkan. Dokter Yoga mengatakan cara terbaik untuk menghindari eksim kambuh kembali adalah dengan mengenali faktor pencetusnya. Namun, apabila gejala terus berlanjut, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis dermatologi dan venereologi untuk dievaluasi lebih lanjut.

f

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed, Mohammad Yoga Adi Waskito saat memberikan paparan-Dok. Tangkapan Layar

 

2. Akne (maskne)
Dokter Yoga menjelaskan penggunaan masker untuk aktivitas sehari-hari seringkali menimbulkan masalah jerawat atau maskne di area wajah yang tertutup oleh masker, seperti pada dagu, hidung, dan pipi bagian bawah.

Pengunaan masker dalam waktu lama, kata Dokter Yoga, membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker, sehingga kulit wajah mudah berkeringat dan lembap yang menjadi sarana baik bagi kuman penyebab jerawat berkembang biak.

Pengobatan maskne sama seperti dengan jerawat pada umumnya. Dokter Yoga memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dalam menggunakan masker yaitu harus mengganti masker jika sudah terlalu lembap, cuci masker kain setelah dipakai, membersihkan wajah sebelum dan sesudah pakai masker, selalu menggunakan pelembap untuk mengurangi gesekan kulit dengan masker, selalu menggunakan tabir surya dan menghindari penggunaan makeup yang terlalu tebal.

3. Flek/pigmentasi
Dokter Yoga mengatakan masalah kulit kusam juga menjadi salah satu yang sering terjadi di masa pandemi akibat cara berjemur yang salah termasuk aktivitas di luar ruangan (outdoor) yang terlalu sering.

Oleh sebab itu, Dokter Yoga memberikan beberapa tips cara berjemur yang benar yaitu saat kisaran UV pada index 3-5 serta dengan durasi sekitar 5-15 menit (untuk kulit terang) dan 15-30 menit (untuk kulit yang lebih gelap).

Selain itu , berjemur sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu dan hanya diperlukan 15?gian dari seluruh badan saja dengan pilihan area badan seperti area punggung, kedua lengan bawah, punggung tangan, dan tungkai bawah.

Hindari daerah wajah dan leher dan lindungi anggota tubuh lain dengan penggunaan topi, kacamata, dan tabir surya minimal SPF 30 PA+++ yang tahan air.

“Apabila sudah terjadi wajah kusam, flek atau bercak kecoklatan pada wajah dapat dikonsultasikan pada dokter spesialis dermatologi dan venereologi,” kata Dokter Yoga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hadir dengan Konsep Baru, IFC Umumkan MUFFEST+ 2022

BERIKUTNYA

Beyoncé Buat Akun TikTok, Bakal Rilis Album Baru?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: