Ilustrasi dim sum. (Dok. Rajat Sarki dari Unsplash)

Baru Kenal Dim Sum? Ini 6 Menu yang Wajib Dicoba oleh Pemula

18 December 2021   |   19:36 WIB

Selama beberapa tahun terakhir, dim sum menjadi salah satu hidangan yang mulai familiar bagi orang-orang Indonesia dengan kepopuleran restoran khas Cina, baik yang secara khusus menjual hanya dim sum saja maupun restoran Cina pada umumnya.

Mungkin sebagian dari Genhype belum banyak mengeksplor makanan khas Kanton karena banyak orang Indonesia yang lebih mengenal siomay, hakau, dan bakpao sebagai beberapa menu yang mudah diterima di lidah masyarakat umum.

Tapi tenang saja, Hypeabis.id punya rekomendasi menu dim sum yang otentik dan mudah ditemukan di sejumlah restoran khas China di beberapa kota di Indonesia. Yuk intip menunya!


1. Bakpao Char Siu

 

Bakpao Char Siu. (Dok. Eat, Little Bird)

Bakpao Char Siu. (Dok. Eat, Little Bird)

Char siu sendiri didefinisikan sebagai bumbu berwarna merah yang digunakan untuk menambah rasa pada daging isian bakpao ini.

Umumnya, bakpao char siu hadir dalam bentuk kukusan, tapi di beberapa tempat ada juga yang hadir dalam bentuk panggangan isian daging (ayam atau babi) yang sudah dipanggang.
 

2. Lo Mai Kai

 

Lo Mai Kai. (Dok. Serious Eats)

Lo Mai Kai. (Dok. Serious Eats)

Jika Genhype pernah berkunjung ke restoran dim sum dan melihat ada satu atau dua buah makanan yang dibungkus daun teratai, maka itu disebut sebagai lo mai kai.

Umumnya, makanan ini merupakan ketan isi daging, kuning telur, dan jamur. Makanan yang menyerupai bacang ini biasanya hadir dalam bentuk kukusan.


3. Fung Zau (Ceker ayam)

 

Ilustrasi ceker ayam. (Dok. Youtube/Chinese Cooking Demystified)

Ilustrasi ceker ayam. (Dok. Youtube/Chinese Cooking Demystified)

Makanan dim sum satu ini mungkin terlihat kurang menarik, tapi jamuan ini merupakan salah satu makanan olahan ayam yang memiliki rasa yang unik dan menarik karena bumbunya yang kuat dan rasanya yang tidak terlalu pedas.

Fung zau atau ceker ayam dihidangkan sebagai dim sum kukusan yang bisa dikonsumsi bersama-sama.


4. Bakpao Telur Asin

 

Ilustrasi bakpao telur asin. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Ilustrasi bakpao telur asin. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Bakpao manis yang masuk ke dalam kategori bakpao isian krim ini mengandung telur asin yang dimasak menjadi krim manis berbentuk cairan maupun pasta. Jika ingin mengonsumsi ini, pastikan kalian harus berhati-hati karena bakpao ini gampang tumpah lho!

(Baca juga: Dim Sum, Camilan Brunch dari China Selatan yang Populer di Indonesia)


5. Xialong Bao

 

Ilustrasi xialong bao. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Ilustrasi xialong bao. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Makanan yang masuk ke dalam kategori dumpling kukusan ini merupakan makanan yang berbeda dengan wonton dan kuotie, di mana xialong bao biasanya berisikan potongan daging dengan kaldu di dalamnya. 

Berbeda dengan makanan dumpling yang bisa dikonsumsi minimal dua gigitan, xialong bao harus dikonsumsi dalam satu kali makan dan dalam sajian hangat agar kaldunya teap enak dimakan.


6. Wuh Gok (Talas goreng)

 

Ilustrasi wuh gok. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Ilustrasi wuh gok. (Dok. Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Pernah melihat dumpling berbentuk setengah lingkaran dengan remahan lembut? Seperti namanya, wuh gok atau talas goreng merupakan olahan talas yang dihancurkan dan diberikan isian daging ayam atau babi, udang, dan jamur yang dicincang. Adonan ini kemudian digoreng dengan baluran adonan khusus.

Selain makanan ini, beberapa hidangan dim sum yang patut dicoba adalah egg tart atau pai susu, onde-onde goreng, kue lobak atau biasa disebut luobo gao, chong fan dengan isian daging atau udang, lumpia kulit, serta wonton yang hadir dalam bentuk gorengan dan kukusan atau rebusan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Sama-Sama Punya Konsep Outdoor, Ini Perbedaan Balkon dan Rooftop

BERIKUTNYA

Tiara Andini Hadirkan Variasi Kisah Cinta dalam Album Debut Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: