Lingkungan hijau-ilustrasi (Foto: HIL/BIsnis)

Ini Dia 20 Kampus Paling Hijau di Indonesia

16 December 2021   |   17:15 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Pada umumnya, kriteria utama dalam mencari kampus terbaik hanya melihat nama besar kampus dan jurusan favorit. Padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya kualitas lingkungan kampus yang harus mendukung perkuliahan agar lebih kondusif  

Nah sebagai panduan untuk melihat kampus mana saja yang memiliki kualitas lingkungan terbaik di Indonesia, kalian dapat melihat dari peringkat kampus hijau yang disusun oleh Universitas Indonesia melalui survei UI GreenMetric World University Ranking sebagai inisiatif yang diluncurkan sejak 2010.

UI GreenMetric ini melihat dari enam aspek untuk menentukan peringkat kampus hijau. Pertama, aspek pengaturan dan infrastruktur di mana kampus harus memiliki lebih banyak ruang untuk penghijauan dan dalam menjaga lingkungan, serta anggaran pembangunan berkelanjutan kampus.

Kedua, aspek energi dan perubahan iklim sebagai komitmen meningkatkan upaya penggunaan peralatan hemat energi dan mengembangkan energi terbarukan. Ketiga, terkait manajemen limbah seperti program dan pengolahan sampah seperti daur ulang, pemilahan sampah beracun, sampah organik dan non-organik.

Keempat, aspek pengelolaan sumber daya air di mana kampus harus engurangi penggunaan air tanah, meningkatkan program konservasi, dan melindungi habitat.

Kelima, aspek transportasi melalui kebijakan transportasi untuk membatasi jumlah kendaraan pribadi. Keenam, aspek pendidikan dan penelitian mencakup program kursus, penelitian, publikasi, situs web, laporan terkait program hijau keberlanjutan yang berdampak pada lingkungan.

Ketua UI GreenMetric, Prof. Riri Fitri Sari mengapresiasi setiap perguruan tinggi yang mengikuti UI GreenMetric ini. Beliau berharap bahwa sivitas akademika terus membangun universitasnya dengan komitmen pada peningkatan kontribusi bagi lingkungan.

“Ini merupakan pengumuman yang ke-12 UI GreenMetric. Tahun ini rekognisi internasional meningkat sehingga banyak perguruan tinggi dari luar negeri yang turut serta dalam ajang ini. UI GreenMetric pada semester ini juga berkolaborasi dengan 7 universitas dari 7 negara, sehingga kami sudah melaksanakan online learning yang diikuti oleh hampir 100 mahasiswa dengan 31 profesor.” katanya.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengutarakan bahwa adanya peningkatan peserta pada UIGM tahun ini adalah bentuk disrupsi yang terjadi akibat pandemi yang membuat kita tersadar pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Adanya pandemi Covid-19, kita menjadi banyak belajar bagaimana pentingnya hidup pada lingkungan yang bersih dan sehat. Pandemi ini juga menjadi disrupsi bagi kehidupan dan kegiatan akademik di kampus masing-masing. Namun pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan cara kita mengelola perguruan tinggi.”

Sebagai Informasi, UI GreenMetric merupakan sebuah metrik inovasi milik UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Pemeringkatan terus mengalami peningkatan jumlah peserta dari 95 universitas dari 35 negara pada 2010, menjadi 912 universitas dari 84 negara pada 2020. Pada 2021, peserta UI GreenMetric mencapai 957 universitas dari 80 negara di dunia. Sedangkan untuk Indonesia, jumlah perserta meningkat dari sebelumnya (2020) sebanyak 88 universitas menjadi 101 universitas.
 

Danau di kompleks Universitas Indonesia (UI)/ui.ac.id

Danau di kompleks Universitas Indonesia (UI)/ui.ac.id

Tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk memberikan hasil survei online mengenai kondisi terkini dan kebijakan terkait Green Campus dan Sustainability di perguruan tinggi di seluruh dunia.  Nah penasaran kampus mana saja yang memiliki predikat paling hijau di Indonesia? berikut daftar UI GreenMetric Indonesia 2021.
 
No  Nama Kampus  Peringkat
 1  Universitas Indonesia  24
 2  Universitas Diponegoro  30
 3  Universitas Gadjah Mada  33
 4  Institut Teknologi Sepuluh Nopember  40
 5  Universitas Negeri Semarang  43
 6  IPB University  46
 7  Universitas Sebelas Maret  79
 8  Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung  81
 9   Telkom University  102
 10  Universitas Islam Indonesia  112
 11  Universitas Padjadjaran  138
 12  Airlangga University  139
 13  Institut Teknologi Sumatera  143
 14  Universitas Multimedia Nusantara  146
 15  Universitas Lampung  153
 16  Brawijaya University  166
 17  Universitas Sumatera Utara  184
 18  Hasanuddin University  187
 19  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  194
 20  Yogyakarta State University  197
Sumber: https://greenmetric.ui.ac.id/rankings/overall-rankings-2021.

Sementara itu, Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa Telkom University (Tel-U) kembali meraih peringkat ke-9 dalam pemeringkatan UI GreenMetric (UIGM) 2021 di Indonesia, sekaligus membawa Tel-U menjadi kampus swasta terbaik versi UIGM Tahun 2021.

Adapun untuk peirngkat dunia, Tel-U berhasil naik dari peringkat 123 pada tahun lalu menjadi 102 tahun ini. Menurutnya, keberhasilan dalam menjaga sustainability kampus ini merupakan jerih payah sivitas akademika bersama.

“Telkom University berkomitmen menjaga sustainability campus, karenanya semua kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat difokuskan  pada pemenuhan  Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.  Pencapaian ini tentunya  terwujud karena kolaborasi sivitas akademika, alumni, dan stakeholder yang berkomitmen menjaga amanah pengembangan berkelanjutan,“ katanya dalam keterangan tertulis.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Wow, Game Minecraft Capai 1 Triiliun View di YouTube

BERIKUTNYA

Simak 6 Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Tepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: