Ilustrasi iOS 15.2 (dok 9to5Mac)

Apple Hadirkan Update iOS 15.2. Ini Fitur Terbarunya!

14 December 2021   |   21:42 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setelah menjalani ujicoba yang cukup panjang, Apple akhirnya merilis pembaruan sistem operasinya, iOS 15.2 pada Selasa (14/12/2021). Selain membereskan sejumlah bug pada sistem operasi sebelumnya atau iOS 15.1, terdapat sejumlah fitur baru yang dihadirkan oleh Apple. 

Fitur yang dihadirkan oleh pembaruan iOS 15.2 kali ini atau versi final pada dasarnya sama dengan versi percobaan terakhirnya, versi Release Candidate. Setidaknya, ada enam fitur baru yang dihadirkan oleh Apple lewat pembaruan ini.

Mengutip situs resmi Apple, salah satu fitur yang dihadirkan lewat pembaruan iOS 15.2 adalah pengaturan kamera makro. Pengaturan ini dihadirkan khusus untuk mengakomodasi pengguna iPhone 13 dan iPhone 12 Pro.

Pengguna kedua ponsel tersebut dapat mengatur apakah fitur kamera makro akan dipakai atau tidak. Pengaturan tersebut dapat diakses melalui menu Settings kemudian Camera.

Fitur selanjutnya adalah Apple Music Voice Plan. Fitur ini merupakan layanan yang didesain berbasis asisten pintar Apple, Siri. Pengguna bisa mengakses layanan Apple Music menggunakan Siri tanpa perlu membuka aplikasinya.

Untuk menikmati layanan tersebut pengguna harus membayar biaya langganan yang berbeda dari biaya langganan biasanya. Apple menawarkan tiga jenis paket berlangganan yang terdiri dari Voice Plan, Individual Plan, dan Family Plan dengan biaya berlangganan mulai dari Rp71.000 per bulan.
 
Kemudian Apple juga menghadirkan fitur App Privacy Report yang akan memberitahukan pengguna informasi mengenai tentang akses yang dilakukan oleh aplikasi terhadap perangkat. Fitur tersebut dapat diaktifkan melalui menu Settings dan dapat dilhat hingga tujuh hari ke depan.

Fitur lainnya yang juga dihadirkan Apple adalah Messages Security yang memungkinkan orang tua mengontrol anak-anak mereka ketika mengirim atau menerima pesan. 

Apabila ditemukan pesan dalam bentuk gambar yang dianggap menampilkan hal vulgar, secara otomatis perangkat akan mengirimkan notifikasi kepada orangtua si anak.

Masih terkait dengan fitur sebelumnya, fitur terbaru yang dihadirkan Apple adalah perluasan dari panduan  Siri, Spotlight, dan Safari. Tujuan diperluasnya panduan tersebut adalah agar orang tua dan anak-anak bisa tetap aman saat sedang menggunakanya.

Terakhir, Apple juga menghadirkan fitur baru yang bernama Digital Legacy. Fitur ini memungkinkan memungkinkan pengguna untuk mendelegasikan Apple ID-nya ke kontak tertentu.

Kontak yang didelegasikan bisa mendapat akses ke akun iCloud dan dan informasi personal jika pengguna utama atau pemilik perangkat meninggal dunia.

Pada pembaruan iOS 15.2 Apple juga menghadirkan pembaruan terhadap aplikasi sejumlah aplikasi dan layanan yang sudah ada.

Apple Maps menjadi aplikasi yang menerima pembaruan signifikan. Layanan CarPlay kini menghadirkan notifikasi  rambu putar balik, jalur sepeda, hingga zebra cross.

Sementara itu, Apple TV menghadirkan tab baru, yakni tab Store yang berfungsi untuk untuk membeli atau menyewa film dan serial dalam satu tempat. Adapun, untuk Mail atau aplikasi pengiriman surel pengguna bisa menyembunyikan surelnya khusus untuk yang berlangganan iCloud+.

Aplikasi Find My juga mendapatkan pembaruan lewat iOS 15.2. Kini pengguna dapat menemukan lokasi iPhone meski dalam keadaan Power Reserve, serta Tags di Reminders dan Notes yang namanya dapat dihapus atau diubah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ingin Kulit Wajah Terlihat Glass Skin Seperti Song Hye-Kyo? Ini 6 Langkahnya

BERIKUTNYA

Film Ketiga dari Trilogi Kisah Cinta Nathan & Salma Ceritanya Lebih Kompleks

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: