Ilustrasi parkir sepeda motor (dok: Unsplash/End Injury)

5 Tips Memarkir Sepeda Motor yang Aman dari Bahaya

12 December 2021   |   12:44 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Memarkir sepeda motor tentu saja hal yang mudah dan bisa dilakukan semua pengendara kapan saja dan di mana saja. Tetapi perlu dipastikan apakah kita sudah memarkir sepeda motor dengan aman terutama dari risiko kehilangan maupun risiko kerusakan dan kebakaran.

Padahal dengan parkir motor yang baik dan aman, membuat sepeda motor terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya meminimkan tinfak pencurian atau kerusakan pada motor seperti kebakaran.

Mengutip Astra Honda Motor (AHM), Teguh Hariyanto dari Product Quality Monitoring MPM Honda Jatim membagikan tips memarkir sepeda motor yang baik dan aman untuk kalian ikuti.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah cara memarkir sepeda motor yang aman.
 

1. Hindari tempat yang ada benda - benda yang mudah terbakar

Agar sepeda motor aman dari bahaya kebakaran cari tempat parkir yang jauh dari benda mudah terbakar seperti area tempat sampah,  tempat pengelasan, dan kandang ternak.
 

2. Pastikan stang kemudi terkunci

Agar terhindar dari tindakan pencurian terhadap sepeda motor anda. Bila perlu gembok cakram dan area standart tengah dengan kunci gembok. Untuk tipe motor tertentu yang ada fitur anti theft alarm system untuk diaktifkan. Jangan lupa juga tutup cover  rumah kuncinya.
 

3. Jangan tinggalkan barang yang dapat memicu kebakaran

Jangan sekali-kali meninggalkan barang yang dapat memicu terjadinya kebakaran di bagasi atau console box. Misalnya, korek api gas, baterai, atau powerbank. Karena benda tersebut jika terkena panas akan mudah meledak dan bisa mengakibatkan pemicu terjadinya kebakaran.
 

4. Pastikan kunci kontak posisi off.

Pada saat memarkir sepeda motor jangan meninggalkan motor dengan kunci kontak posisi on karena akan mengakibatkan aki sepeda motor malah menjadi tekor atau soak.
 

5. Simpan di tempat teduh.

Ada baiknya motor tidak disimpan ditempat terbuka yang memungkinkan terkena kotoran, sinar matahari atau guyuran hujan. "Yang tak kalah penting, perlu diperhatikan juga sirkulasi udara ditempat parkir motor baik." kata Teguh.

Parkir motor dengan baik dan aman, bikin hati tenang dan membuang jauh rasa was-was. Sepeda motor pun aman.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Penyebab Aki Mobil Tidak Dapat Menyimpan Setrum

BERIKUTNYA

BTS, Enhypen, aespa & IU Borong Penghargaan dari MAMA 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: