Ilustrasi mobil (Dok. Pixabay/Pexels)

5 Kiat Merawat Mobil saat Jarang Digunakan

17 February 2022   |   13:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tingginya kasus Covid-19 Omicron di Tanah Air membuat pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM di beberapa daerah di Indonesia. Masyarakat pun diminta kembali membatasi kegiatan di luar rumah, dan memaksimalkan segala rutinitas dari rumah termasuk work from home.

Dengan kondisi tersebut, kendaraan di rumah seperti mobil pun akan jarang digunakan.  Meski demikian, mobil juga tetap membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal ketika akan digunakan beraktivitas kembali.

Untuk menjaga mobil dalam kondisi yang tetap prima selama tidak digunakan, berikut 5 kiat yang bisa dilakukan menurut Ben Faqih, People Development Department Head – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dikutip dari siaran pers.
 

1. Panaskan mesin mobil secara teratur

Meski jarang digunakan, panaskan mesin mobil secara teratur paling tidak sekali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.
 

2. Menjaga tekanan angin ban

Dengan menambah sekitar 5?ri tekanan angin normalnya, itu sudah bisa membantu menjaga tekanan angin pada ban mobil. Kamu juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan secara maju–mundur ketika sedang memanaskan mesin, agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.
 

g

Ilustrasi mobil (Dok. Daihatsu)

3. Aktifkan rem parkir dan transmisi

Bagi kalian pengguna mobil matic, disarankan untuk mengaktifkan rem parkir dan transmisi di posisi P (Parking) khusus, sekalipun kendaraan berada di bidang jalan yang rata. Hal ini diperlukan demi keamanan dan mencegah mobil bergerak ketika sedang diparkir, khususnya dalam waktu yang lama.
 

4. Jaga kebersihan mobil

Hal yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eksterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil.

(Baca juga: Lagi Cari Mobil Bekas? Perhatikan 4 Hal Ini)
 

5. Parkir kendaraan di tempat yang tepat

Selama jarang digunakan, pastikan mobil diparkir di tempat yang tepat seperti garasi rumah. Namun, bagi kamu yang memiliki keterbatasan lahan, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon. Sebab, hal itu dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau, bila perlu tambahkan juga kunci ganda pada kendaraan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Museum MACAN Tetap Buka saat PPKM Level 3

BERIKUTNYA

Laura Basuki Sabet Penghargaan Silver Bear di Festival Berlinale

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: