Agustinus Wibowo, peraih penghargaan Writer of The Year (Dok. Ikapi)

Yuk Berburu Buku di Indonesia International Book Fair 2021

09 December 2021   |   21:01 WIB

Bagi Genhype penggemar buku, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memburu buku incaran. Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) menggelar Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, 8-12 Desember 2021.

Pada masa pandemi ini, IIBF diselenggarakan secara hibrida, selain luring di JCC, pameran juga diadakan di lokapasar Shopee. Untuk penerbit dari Jabodetabek mengikuti pameran secara luring, dan peserta dari luar Jabodetabek ikut secara daring.

Tahun ini IIBF menghadirkan ribuan buku dari ratusan penerbit Nusantara dengan banyak diskon khusus selama acara. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka IIBF ini, antara lain pemberian penghargaan Ikapi Award dan juga diskusi baik yang dilakukan secara daring maupun luring.

Pemberiaan penghargaan Ikapi Award dilakukan bersamaan dengan pembukaan pameran. Tahun ini penghargaan Ikapi Award diberikan dalam tiga kategori, yaitu Writer of the Year, Literacy Promoter, dan Lifetime Achievement. Para pemenang Ikapi Award tersebut adalah  Agustinus Wibowo (Writer of the Year), H. Firdaus Oemar (Alm.)  memperoleh penghargaan Literacy Promoter, dan Prof. Dr. Toeti Heraty (Almh.) sebagai penerima Penghargaan Lifetime Achievement.

Wakil Ketua Umum Kerja Sama dan Hubungan Internasional Ikapi, Wedha Stratesti Yudha mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang telah mengubah kehidupan sosial secara drastis dan meluluh-lantakkan nyaris seluruh sektor industri, tak terkecuali perbukuan, masih ditemukan secercah harapan dari para sosok dan karya para penulis tersebut.

Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kata Wedha, Ikapi Awards tahun ini dianugerahkan kepada penulis yang produktif pada masa pandemi dan tokoh-tokoh berpengaruh, serta penggerak yang bisa mempengaruhi kehidupan yang lebih baik.

“Penghargaan lintas generasi sekaligus memunculkan harapan terjadinya alih generasi, patah tumbuh hilang berganti, terlebih karena yang senior telah almarhum, meninggalkan warisan, pesan, dan tugas yang harus diteruskan,” kata Wedha dalam siaran pers Ikapi, Kamis, (9/12/2021).

Selama 5 hari, IIBF akan menggelar 60 acara yang melibatkan pelaku perbukuan. Sebanyak 23 acara diadakan secara luring di panggung utama IIBF 2021 dan lainnya akan digelar secara daring melalui aplikasi webinar virtual. Para pengisi acara di antaranya adalah Akmal Nasery Basral, Kak Seto, Tasaro GK, Eka Kurniawan, A. Fuadi, Fachry Ali, Effendi Gazali, Habiburrahman El Shirazy, Asma Nadia, dan Hilbram Dunar.

Ikapi berharap IIBF 2021 yang berlangsung pada 8-12 Desember ini dapat turut meningkatkan minat baca masyarakat dan menggairahkan kembali industri penerbitan nasional. Buku harus kembali menjadi bagian dari ingatan kolektif masyarakat dalam situasi apa pun, dalam “new normal” yang bagaimanapun.

Buku adalah gerbang bagi ilmu pengetahuan, kecerdasan masyarakat, dan kemajuan peradaban bangsa. Yuk Genhype, kita berburu buku.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Kuliah S2 Gratis Ke Jepang? Ikut Beasiswa Ini Saja

BERIKUTNYA

Koze Indonesia Hadirkan Atraksi Live Mural dari Mr. Wormo & Arnies Muhammad

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: