Ilustrasi katsu sando. (Sumber gambar: Timolina/Freepik)

Ini Lho Resep Katsu Sando, Roti Lapis Isi Daging khas Jepang

31 May 2021   |   08:07 WIB

Like
Selama ini, banyak dari Genhype kenal dengan katsu sebagai masakan yang cocok dengan nasi dan dihidangkan dengan beberapa makanan pendamping seperti salad atau acar sayur. Tapi di beberapa sajian, katsu ternyata juga bisa dikombinasikan dengan roti sehingga tercipta katsu sando lho!

Dikutip dari Bon Appetit, katsu sando merupakan roti lapis dengan isian potongan daging yang dilumuri tepung roti dan digoreng serta diberi saus tonkatsu atau saus khusus katsu. 

Sejarahnya sendiri dimulai dari sebuah restoran di Jepang bernama Rengatei yang memunculkan roti lapis ini pada 1899 sebagai bentuk penghormatan dari schnitzel atau potongan daging yang diberi tepung dan digoreng khas Eropa.

Katsu sando bisa jadi salah satu alternatif untuk makan siang atau bisa juga untuk sarapan juga, lho! Cara membuatnya pun mudah dan bisa ditiru. Simak resepnya dari BBC Good Food di bawah ini ya!


Bahan-bahan

25 gram kol putih, dicincang
25 gram kol merah, dicincang
1 sendok makan cuka putih
2 sendok makan tepung terigu
1 butir telur, dikocok
150 gram tepung roti atau tepung panko
3-4 buah ayam filet
Minyak goreng, untuk menggoreng
2-4 sendok makan mayonaise
4 lembar roti tawar putih


Saus tonkatsu

2 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus kecap Inggris
1 sendok teh kecap asin
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh cuka putih


Cara memasak

1. Masukkan kol dalam dua mangkuk terpisah, tabur masing-masing kol dengan 1/2 sendok cuka dan biarkan meresap. Sambil menunggu acar kol, siapkan tepung, telur, dan tepung roti dalam tiga piring terpisah.

2. Buat saus tonkatsu dengan mencampurkan semua bahan di dalam satu mangkuk lalu sisihkan.

3. Siapkan daging ayam, lalu mulai balur daging ke tepung dan celup daging ke dalam telur di kedua sisinya dan pastikan dagingnya terbungkus dengan tepung dan telur dengan sempurna. Kemudian balur daging ke dalam tepung roti sampai tertutup merata.

4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng daging ayam sampai tepung roti sudah masak saat dimasukkan. Goreng daging selama 2-3 menit di kedua sisinya sampai berwarna kuning keemasan. Setelah matang, tiriskan dan tabur dengan sedikit garam. Pastikan daging dibiarkan sampai hangat.

5. Oles roti dengan mayonaise di satu sisi dari setiap lembar roti lalu olesi dengan saus tonkatsu yang sudah dibuat sebelumnya. Taruh daging yang sudah matang di satu sisi roti kemudian taruh acar kol di atasnya dan tutup dengan roti dengan olesan mayo menghadap ke bawah.

6. Tekan roti lapis dan potong roti menjadi dua bagian.

Jadi bagaimana Genhype, mudah bukan untuk membuat katsu sando? Jangan lupa untuk mencoba variasi lainnya seperti mengganti ayam dengan ikan atau dengan bahan-bahan seperti tahu atau tempe untuk opsi bahan berbasis nabati. Selamat mencoba!

Baca jugaEnak & Sehat, Yuk Coba 3 Resep Roti Bebas Gluten Ini!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ada Tempat Nongkrong & Kulineran Baru Nih di BSD, Cus Meluncur!

BERIKUTNYA

5 Game Seru Bikin Tambah Betah Main PS5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: