Penampilan ABBA di atas panggung (dok: YouTube/ABBAVevo)

Hati-hati Bikin Akun Medsos, Grup Cover ABBA Mania Digugat oleh ABBA

07 December 2021   |   09:46 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang menyanyikan kembali lagu milik seseorang atau grup musik tertentu (cover) kemudian mengunggahnya ke media sosial atau platform berbagi video sebaiknya berhati-hati. Kalian bisa saja menerima tuntutan dari mereka yang tidak terima karyanya digunakan tanpa izin atau namanya dicatut.

Seperti yang dialami ABBA Mania yang digugat oleh ABBA lantaran menggunakan nama serupa. Sebagai catatan, ABBA Mania merupakan grup musik cover asal Inggris.

Mengutip Bloomberg pada Selasa (7/12/2021), grup musik asal Swedia yang kondang sejak 1970-an itu menggugat ABBA Mania ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Manhattan. Pengacara ABBA menyebut manajer ABBA Mania melakukan perilaku parasit dan punya itikad buruk.

Baik manajer maupun personil ABBA Mania dinilai berencana mengambil alih ciri khas ABBA untuk mempromosikan grup musik mereka. Gugatan dari ABBA muncul di tengah tur ABBA Mania di AS yang bertajuk "The Original Tribute from London's West End!".

Pengacara ABBA juga menyebut bahwa ABBA Mania selama ini mengabaikan permintaan dari Polar Music International AB, selaku pihak yang mengurusi urusan bisnis ABBA untuk berhenti menggunakan nama ABBA Mania di media sosial, YouTube, dan situs mereka www.abbamania.com. 

Selain itu, ABBA Mania juga mengacuhkan saran dari beberapa pihak yang memintanya untuk berganti nama menjadi ABBA Tribute. Walaupun demikian, ABBA Mania di situs resminya menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak terkait, berafiliasi, atau mendapatkan dukungan dari Polar Music International AB atau ABBA.

ABBA - atau yang di Indonesia sering disebut dengan sebutan Eybibi'e - (1972–1982) adalah kelompok musik pop dari Swedia. Mereka adalah salah satu artis paling berhasil dari Skandinavia. Terdiri dari Benny Andersson, Björn Ulvaeus, Agnetha Fältskog, dan Anni-Frid Lyngstad. Sebelum menjadi ABBA, Fältskog dan Ulvaeus telah menikah dan kemudian setelah menjadi satu kelompok, Lyngstad dan Andersson juga menikah. Namun, kedua pasangan ini kemudian bercerai. ABBA adalah akronim dari huruf pertama keempat anggotanya.

Prestasinya yang paling terkenal adalah saat mereka berhasil menjuarai Kontes Lagu Eurovision tahun 1974, dengan lagunya yang berjudul "Waterloo". Lagu tersebut juga menjadi lagu favorit pemirsa saat diluncurkannya album "Congratulations". Dan berkat keberhasilannya menjuarai kontes lagu antar negara-negara Eropa tersebut, ABBA langsung meraih popularitas tinggi di seluruh dunia.

Selain itu ABBA juga membuat film berjudul "ABBA:The Movie" pada tahun 1977. Mereka sempat menghadiri gala premiere film Mamma Mia: the movie pada tahun 2008 di Stockholm, Swedia. Lagu - lagu ABBA yang paling populer Seperti "Waterloo", "Mamma Mia", "Dancing Queen", "Chiquitita", pernah menempati posisi pertama di tangga lagu dari berbagai negara, Seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Swedia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Awas, Asap Kebakaran Hutan Memicu Penuaan Dini hingga Depresi

BERIKUTNYA

Ini 5 Efek Buruk jika Tekanan Ban Mobil Berkurang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: