Ilustrasi kale. (Dok. Anna Guerrero dari Pexels)

Simak 7 Makanan Olahan Sayur Kale, Bisa Dicoba!

22 June 2021   |   15:03 WIB

Genhype, buat kalian terutama yang menyukai sayur atau memilih menjadi vegetarian pastinya kalian enggak asing sama yang namanya kale. Ya, kale merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan seperti salad, tumisan sayur, hingga jus sayuran.

Nah, kale ternyata punya banyak variasi, di antaranya kale lacinato, kale hijau keriting, kale merah, kale ungu, dan baby kale.

Sebagai salah satu superfood, kale juga memiliki segudang manfaat dari kandungan vitamin A, C, dan K yang tinggi, asam folat, serta antioksidan dan glukosinolat yang berperan sebagai pelindung dari risiko kanker dan obesitas.

Dengan kelebihan ini, ahli gizi dari Food Lab New York University, Lourdes Castro menyarankan agar konsumsi kale dilakukan sebagai bagian dari menu sehari-hari dan ia juga menyarankan tujuh olahan sayur hijau ini sebagaimana dikutip dari CNN.
 

1. Salad kale dan ricotta salata

Kombinasi salad ini perlu dicoba terutama bagi Genhype yang belum terbiasa untuk makan sayuran kale yang mentah. Dengan menggunakan kale lacinato, salad ini mudah dibuat dengan saus salad lemon vinaigrette yang terbuat dari saus mustard dijon, minyak zaitun, dan jus lemon. 

Sementara itu, keju yang digunakan adalah keju ricotta salata yang terbuat dari susu kambing. Tapi, jika Genhype tidak punya keju ini, maka keju feta bisa menjadi penggantinya.
 

2. Kari dan grain bowl kale

 
Ilustrasi kale untuk grain bowl. (Dok. Deryn Macey dari Unsplash)







Grain bowl adalah masakan sehat yang mengombinasikan berbagai sayuran dan biji-bijian seperti nasi dan quinoa. Untuk makanan ini, beberapa bahan yang bisa digunakan selain kale adalah kacang chickpea dan ubi manis.

Untuk saus kari yang digunakan pada masakan ini, gunakan kari santan yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi. Kari lainnya yang bisa jadi alternatif adalah kari paneer dengan bayam yang diganti dengan kale serta tetap menggunakan keju yang padat dan kenyal.
 

3. Makaroni dan keju kale

Makaroni dan keju dikenal sebagai salah satu comfort food atau makanan yang diolah dengan cara tradisional dan punya daya tarik nostalgia. 

Dengan kombinasi makaroni yang lembut dan saus keju yang kental, kale bisa disisipkan dalam makanan ini sebagai topping tambahan maupun sebagai hiasan saat penyajian makanan.
 

4. Sup vegetarian kale

Kale bisa menjadi salah satu opsi sayuran di dalam sup secara umum, terutama untuk sup yang memakai sayuran sebagai bahan utama.

Sup merah dari Rusia, minestrone, bisa menjadi salah satu sup yang sayurnya bisa diganti atau ditambahkan dengan kale. Begitu pula dengan sup-sup atau hidangan berkuah lainnya seperti mie ayam.
 

5. Hidangan sarapan kale dan telur

 

Ilustrasi kale yang dipanggang. (Dok. Charles Deluvio dari Unsplash)

Ilustrasi kale yang dipanggang. (Dok. Charles Deluvio dari Unsplash)


Enggak hanya untuk masakan makan siang dan malam, kale juga bisa menjadi dihidangkan untuk makan pagi bersamaan dengan telur, kentang, dan sayuran lain yang dipanggang bersamaan.

Selain kale, sayuran yang bisa jadi pilihan untuk menu sarapan adalah tomat ceri, brokoli, dan kol.
 

6. Kale tumis bawang putih

Salah satu teknik memasak sayur yang paling simpel adalah dengan menumisnya dengan bawang putih. Dengan memanfaatkan satu panci penggorengan, kombinasi kale dan bawang putih bisa menghadirkan rasa baru.

Hidangkan makanan ini dengan sedikit parutan keju Parmesan dan berikan sedikit perasan lemon agar lebih segar. Kalau ingin tumisan lebih memiliki ciri khas Asia, ganti minyak zaitun dengan minyak wijen, gunakan sedikit kecap asin, dan taburi masakan dengan wijen.
 
1
2


SEBELUMNYA

Menikmati Suasana Pencakar Langit Jakarta dari Hause Rooftop

BERIKUTNYA

Tidur Satu Jam Lebih Awal Bisa Bantu Kurangi Risiko Ini, Cek Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: