settings di Brave, peramban turunan Chrome/ist

Begini Cara Mengamankan Jejak Digital Kala Pinjam atau Sewa Komputer

28 May 2021   |   13:09 WIB

Genhype pasti pernah meminjam komputer orang atau menggunakan komputer umum, mungkin karena ingin menggunakannya untuk berselancar di internet. Namun kemungkinan besar kalian tidak ingin meninggalkan jejak di mesin milik orang lain.

Alasannya bisa privasi, tetapi bisa juga sekadar tidak ingin mengotori riwayat penjelajahan peramban orang yang kita pinjam komputernya, meskipun kalian sudah menjaga diri untuk hanya mengunjungi situs web yang benar-benar “aman”.

Ada dua cara yang bisa digunakan bila meminjam komputer buat berselancar di web. Pertama adalah menggunakan private browsing. Dengan cara ini peramban tidak akan menyimpan riwayat penjelajahan Anda di jaringan web secara permanen. Cara lain adalah dengan menggunakan Guest Mode.

Tidak semua peramban menyediakan Guest Mode. Firefox misalnya hanya menyediakan Private Browsing. Alternatif lain pada Firefox adalah menggunakan fitur profil. Namun fitur ini lebih rumit, dan sebenarnya lebih dirancang untuk digunakan oleh pengguna utama di komputer itu. Di sini kita akan memusatkan perhatian pada Google Chrome (dan turunannya).

Alternatif lain, tentunya, adalah menggunakan fitur Guest Account pada komputer. Fitur ini tersedia pada macOS dan Windows. Tetapi fitur Guest Account ini lebih cocok bila Genhype ingin meminjam komputer dalam waktu lama. Bila hanya ingin menggunakan peramban selama beberapa belas menit, Guest Mode lebih sesuai.
 
Tampilan settings di Chrome. Perhatikan pengaturan yang tersedia sangat terbatas.

Private Browsing
Private Browsing mungkin cara paling mudah untuk meminjam peramban. Fitur ini juga sudah standar buat banyak peramban. Secara fungsi, Private Browsing sebenarnya tidak banyak berbeda dengan Guest Mode.

Namun,  Private Browsing masih  bisa mewarisi setelan dari pengguna utama, misalnya pengaya peramban (add-ons) seperti ekstensi dan tema. Pengaya peramban ini tentunya dipilih oleh pemilik atau administrator komputer, bukan kita sebagai peminjam.

Bila Anda tidak suka berselancar didampingi dengan pengaya peramban (yang dalam beberapa kasus bisa memperlambat kinerja peramban), Guest Mode adalah alternatif yang lebih menarik
 
Tampilan guest mode di Google Chrome/ist
Guest Mode
Selain pada Chrome, Guest Mode juga tersedia pada peramban lain yang merupakan turunan Chrome seperti Brave dan Microsoft Edge. Selain riwayat penjelajahan Anda tidak akan disimpan, ketika menggunakan Guest Mode kemampuan Anda untuk mengatur peramban akan dibatasi.

Selain tidak dapat mengakses ekstensi, Anda tidak bisa mengubah tampilan peramban, menggunakan fitur seperti markah buku, sinkronisasi kata sandi, dan lain-lain.

Pada Chrome, keterbatasan tidak bisa mengakses ekstensi ini agak mengganggu, karena saya biasa menggunakan pemblokir iklan agar bisa berselancar dengan lebih aman. Masalah ini bisa diatasi bila menggunakan peramban turunan Chrome yang dilengkapi dengan fitur pemblokiran iklan seperti Brave.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Hospital Playlist 2 Tayang 17 Juni, Simak Fakta Menarik Para Pemainnya!

BERIKUTNYA

Tips Sukses Kencan Pertama Sama Gebetan Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: