Carle adalah penulis dan ilustrator dengan lebih dari 70 judul buku anak dan rekor penjualan hingga 170 juta kopi. (Twitter Eric Carle)

Penulis Buku Anak Eric Carle Tutup Usia

27 May 2021   |   13:45 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Eric Carle, seniman dan penulis yang menciptakan The Very Hungry Caterpillar, sebuah kisah yang telah memikat untuk pembaca lintas generasi, meninggal pada Minggu (23/5), di studio musim panasnya di Northampton, Mass. Dia berusia 91 tahun.

Menurut New York Times, putranya, Rolf, mengatakan penyebab kematiannya adalah gagal ginjal.

The Very Hungry Caterpillar, buku dengan ilustrasi Carle yang paling terkenal, telah terjual lebih dari 55 juta eksemplar di seluruh dunia sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1969, isinya hanya terdiri dari 224 kata yang diterjemahkan ke lebih dari 70 bahasa.

Dengan tema utama anak-anak dan pertumbuhan, buku anak ini memperlihatkan perkembangan pertumbuhan ulat yang kemudian berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

Selain menjawab pertanyaan dari mana asal kupu-kupu, buku ini memberikan pelajaran berhitung (dari satu sampai lima) kepada anak-anak dan pengenalan beberapa makanan yang sehat dan bahkan yang tidak terlalu sehat.

The Very Hungry Caterpillar adalah salah satu dari lebih dari 70 buku yang diterbitkan Carle sepanjang karirnya dan telah terjual lebih dari 170 juta eksemplar, menurut penerbitnya, Penguin Random House.
 
Pada tahun 2003, dia menerima Laura Ingalls Wilder Award yang bergengsi (sekarang disebut Children’s Literature Legacy Award) dari American Library Association, yang mengakui karya sang penulis dan ilustrator yang bukunya telah memberikan kontribusi yang langgeng bagi sastra anak-anak.

Karier Carle sebagai penulis buku anak-anak dimulai pada usia akhir 30-an, dan dia berhasil membuat namanya terkenal dengan memanfaatkan inner child-nya.

"Saya memiliki banyak perasaan, pemikiran filosofis - pada usia 6 tahun. Satu-satunya cara untuk menjadi lebih tua dan lebih bijaksana adalah dengan banyak berlatih. Tapi otak dan jiwa saya sudah berada di puncaknya," katanya kepada The Los Angeles Times pada tahun 1995.

Menggambarkan dirinya sebagai "penulis gambar", Carle merinci banyak proses artistiknya di situs webnya.

Dia biasanya mulai dengan kertas tisu, mengecatnya dengan berbagai warna cat akrilik. Carle bekerja dengan kuas, jari, atau benda-benda lain - seperti karpet, spons, atau kain goni - dia akan menutupi kertas tisu dengan tekstur yang berbeda.

Carle sering menggunakan istilah "art art" untuk merujuk pada proyeknya yang lebih abstrak dan menyenangkan, seperti karyanya dengan kertas tisu, untuk membedakannya dari ilustrasi yang lebih konvensional dan komersial yang juga dia lakukan sepanjang kariernya.

Eric Carle Jr. lahir pada 25 Juni 1929, di Syracuse, New York, dari orang tua imigran Jerman. Ibunya, Johanna (Öelschlager) Carle, bekerja di bisnis keluarga, dan ayahnya, Erich Carle, bekerja di pabrik mesin cuci dengan cat semprot.

“Saya pikir dalam buku saya, saya menghormati ayah saya dengan menulis tentang makhluk hidup kecil,” lanjutnya. "Dan dengan cara saya menangkap kembali saat-saat bahagia itu."
 
Selain buku klasik seperti The Very Hungry Caterpillar, karya populer Carle antara lain
- The Very Busy Spider 
- The Grouchy Ladybug
- Brown Bear, Brown Bear, What Do You See?
- The Very Lonely Firefly 
- The Very Quiet Cricket

editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip Resep French Toast untuk Sarapan Yuk!

BERIKUTNYA

Dua Tim eSports Indonesia Siap Rebut Gelar Juara Dunia Free Fire World Series 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: