Ilustrasi french toast. (Dok. Charles Deluvio dari Unsplash)

Intip Resep French Toast untuk Sarapan Yuk!

14 September 2021   |   06:04 WIB

Like
French toast adalah hidangan berbahan dasar roti yang mudah dibuat dan bisa menjadi salah satu masakan yang cocok untuk sarapan pagi. Dengan bermodalkan roti, bahan rendaman, dan topping buah atau makanan asin, french toast bisa dikreasikan sesuai dengan preferensi baik itu rasa manis atau asin.

Koki Stephanie Oliveira dan Ashlee Redger berbagai resep mudah untuk menciptakan french toast yang renyah dengan rasa custard yang pas.

Penasaran apa saja bahan dan cara membuatnya? Genhype bisa simak tips dari Insider ini dan bisa mulai dicoba di rumah. Simak yuk!

Bahan-bahan
Roti sesuai dengan preferensi (brioche/roti tawar/baguette)
Susu (susu sapi/susu berbahan nabati)
Telur
Bumbu
Topping (selai buah/buah-buahan segar/sirup/madu)

Cara memasak
1. Pilih roti sesuai dengan preferensi.
Roti yang digunakan bisa memakai roti dengan tekstur yang keras atau kaku seperti baguette atau brioche. Tapi tidak masalah jika Genhype punya roti tawar karena roti ini lebih mudah ditemukan di supermarket maupun minimarket.

2. Buat rendaman custard
Custard adalah campuran antara susu dan telur. Oliveira menyarankan agar menggunakan perbandingan 2:1 untuk dua bahan tersebut.

Selain susu, cairan lain yang bisa menggantikan susu adalah susu berbasis nabati seperti susu kacang kedelai atau susu kacang almond. Meski campurannya akan lebih cair dibandingkan ketika menggunakan susu atau krim, tapi opsi ini cocok untuk Genhype yang vegetarian atau vegan.

Sementara itu, untuk pengganti telur bagi yang vegetarian atau vegan bisa menggunakan flax seeds giling, chia seeds giling, atau tepung berbahan nabati seperti maizena atau tapioka.

Proses pencampuran custard dilakukan sampai konsistensinya halus

3. Campurkan bumbu ke dalam rendaman custard.
Bumbu yang dipilih untuk membuat french toast umumnya menggunakan bubuk kayu manis, tapi bisa juga menggunakan bumbu lain seperti parutan kulit jeruk atau bubuk labu. Tapi penggunaan bumbu lain yang lebih berbeda dibandingkan yang biasanya bisa jadi pilihan juga lho! Untuk membuat french toast yang asin, Genhype bisa pakai tambahan bahan seperti bawang putih, keju, rempah-rempah, daun bawang, dan cabai kering.

4. Rendam roti ke larutan custard sesuai dengan jenis dan tekstur roti. 
Jika roti yang digunakan adalah roti yang kaku seperti brioche dan baguette, roti bisa direndam selama beberapa jam hingga semalaman sampai larutan custard terserap oleh roti. 

Sementara itu, untuk roti yang lebih lembut seperti roti tawar, perendaman bisa dilakukan selama beberapa menit hingga satu jam karena roti jenis ini rentan untuk hancur ketika direndam. Untuk menghindari roti tawar yang cepat hancur, Genhype bisa mengakalinya dengan memanggang rotinya dahulu.

5. Masak roti yang sudah direndam.
Teknik memasak french toast bisa bervariasi: dipanggang atau digoreng di atas panci dengan sedikit minyak. Untuk memasak roti brioche atau roti bertekstur kaku lainnya, Oliveira menyarankan agar proses masak dilakukan dengan menggoreng kedua sisi roti sampai kecoklatan kemudian dipanggang dalam oven dengan suhu 350 derajat Celsius selama 8 menit.

Kalau rotinya lebih tipis dan tidak menggunakan telur dalam rendamannya, Genhype cukup masak di atas panci penggorengan selama 3-6 menit di setiap sisinya sampai berwarna coklat keemasan.

Untuk tahu french toast yang sudah siap disajikan, Genhype bisa tahu dari tekstur rotinya yang lebih kaku dan ketika ditekan roti akan memantul kembali.

6. Sajikan dengan menggunakan beberapa topping.
Untuk yang manis, Genhype bisa beri selai buah, potongan buah-buahan, atau krim kocok untuk disajikan bersama dengan french toast.

Kalau french toastnya asin, Genhype bisa gunakan buah-buahan yang lebih asam atau sirup sesuai dengan preferensi masing-masing.

Mudah kan untuk membuatnya. Yuk mulai berkreasi!

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Catat Tanggalnya, ii-Motion 2021 Diramaikan Desainer Itang Yunasz, Jenahara hingga Ivan Gunawan

BERIKUTNYA

Penulis Buku Anak Eric Carle Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: