dok. Jakub Kapusnak on Unsplash

Ini 5 Ciri-Ciri Ikan Masih Segar

26 November 2021   |   21:53 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ikan menjadi salah satu sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi. Apalagi ikan mengandung lemak dan Omega-3 terbaik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nah, bagi Genhype yang senang mengonsumsi ikan, jangan asal pilih ya.

Sebab, kalian harus jeli memilih ikan yang masih segar. Selain rasanya lebih nikmat, ikan segar juga memiliki kandungan protein yang lebih sempurna. Untuk lebih jelasnya, berikut telah Hypeabis rangkum tips dan ciri-ciri ikan yang segar dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan.
 

1. Lihat Matanya

Hal pertama yang harus Genhype perhatikan adalah mata ikan. Biasanya, ikan yang segar memiliki mata yang terang, jernih, tidak kusam dan relatif lebih cembung. Sementara itu, ikan yang sudah tidam segar matanya terlihat cekung dan bola matanya kusam. Memang sih ikan dengan mata kusam masih bisa dikonsumsi tetapi sudah melewati masa terbaiknya.
 

2. Cek Insangnya

Ikan yang segar memiliki insang berwarna merah berkilauan yang trang dan bersih. Insangnya juga masih tertutup sedikit lendiri berwarna jernih sedangkan ikan yang sudah tidak segar insangnya berwarna merah keabuan dan berlendir keruh.

Baca jugaResep Ikan Mujair Saus Asam Manis untuk Berbuka Puasa
 

3. Tekan dagingnya

Ikan yang segar ketika dagingnya di tekan maka akan kembali karena masih lentur dan elastis sedangkan ikan yang sudah tidak segar maka ketika dagingnya ditekan tidak kembali ke kondisi awal.
 

4. Perhatikan Sisiknya

Untuk memastikan ikan masih segar dapat dilihat dari sisiknya yang masih berkilau dan melekat kuat sedangkan ikan yang sudah tidak segar sisiknya akan mudah lepas.
 

5. Cium baunya

Aroma dari ikan yang masih segar itu seperti air bersih atau air asin bahkan seperti aroma mentimun sedangkan ketika ikan sudah tidak segar maka akan mengeluarkan bau amis yang bahkan tidak akan hilang walaupun ikan sudah di masak.

Bagaimana Genhype, sudah siap untuk menyantap ikan segar? Jangan lupa perhatikan tips di atas ya.
 

SEBELUMNYA

3 Bisnis Teh Lokal Hadir di Jakarta Coffee Week 2021

BERIKUTNYA

Ingin Tahu Polandia? Baca Buku Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: