Mesin pencari Mozilla Firefox (dok. Mozilla)

Mozilla Akhiri Dukungan Aplikasi Pengelola Kata Sandi Firefox Lockwise

25 November 2021   |   11:36 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Mesin pencari Mozilla resmi mengumumkan bahwa aplikasi pengelola kata sandi (password manager) Firefox Lockwise akan mencapai akhir masa pakainya pada akhir tahun ini, tepatnya pada 13 Desember 2021. Setelah itu, aplikasi tidak akan tersedia untuk diunduh atau diinstal ulang.

Dalam unggahan blog dukungannya disebutkan bahwa Firefox Lockwise pertama kali dirilis pada 2018 sebagai aplikasi seluler eksperimental kecil bernama Lockbox yang memiliki fungsi sebagai aplikasi pengelola kata sandi.

Dalam perkembangan berikutnya, aplikasi itu diperluas bagi pengguna Mozilla untuk mengamankan akses kata sandi yang disimpan dan melakukan pengisian otomatis di perangkat iOS, Android, dan desktop.

Aplikasi juga kemudian diadaptai sebagai ekstensi di mesin pencari Mozilla Firefox yang dapat dipasang pengguna. Akan tetapi, diumumkan bahwa aplikasi itu tidak akan mendapatkan dukungan lagi dari perusahaan atau dihentikan.
 

Firefox Lockwise (dok. Mozilla)

Firefox Lockwise (dok. Mozilla)


Kendati demikian, Mozilla telah menyediakan opsi lain, yakni fitur pengelola sandi bawaan, yang mengadopsi fitur Lockwise atau mengintegrasikannya ke dalam aplikasi mesin pencari secara default di seluruh platform.

Dalam blog dukungannya, Mozilla juga menyatakan bahwa pada Desember nanti aplikasi Firefox iOS akan mendapatkan kemampuan untuk mengelola kata sandi Firefox di seluruh sistem. Tampaknya sistem tersebut akan menjadi yang pertama kebagian sebelum nantinya dirilis di semua platform.

Laporan The Verge menyatakan bahwa Mozilla saat ini tengah menghadapi tekanan berat. Perusahaan dalam beberapa tahun terakhir terus merampingkan proyek yang dijalanka.

Perusahaan juga dilaporkan mengurangi tim yang membangun sistem operasi di balik pengembangan Firefox yang tidak berfungsi, mematikan beberapa fitur, dan memisahkan platform email Thunderbird.

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Galeri Nasional Indonesia Adakan Workshop KamiSketsa GalNas Bertajuk Sketsa Gerak Kembang Lambangsari

BERIKUTNYA

Perlu Waspada Gaes, Ini Prediksi Ancaman Siber di Sektor Finansial Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: