Aplikasi password manager (Sumber gambar: freepik)

3 Aplikasi untuk Kelola dan Simpan Password dengan Aman

28 September 2024   |   19:00 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Hampir semua aspek kehidupan kita saat ini membutuhkan kata sandi, dari akun media sosial hingga perbankan online. Mengingat semua password dari seluruh akun kita bisa menjadi tantangan tersendiri. Aplikasi pengelola kata sandi hadir sebagai solusi praktis dan aman.

Dengan pengelola kata sandi, Genhype bisa menyimpan semua kata sandi di satu tempat, sekaligus melindungi data dengan enkripsi yang kuat dan menjaga dari ancaman siber. Keunggulan lainnya adalah kita dapat memastikan dan melacak semua password dengan cara yang aman dan terorganisir. 

Penjahat siber sering kali menargetkan kata sandi yang lemah atau yang sering digunakan. Menurut penelitian perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky, sekitar 87 juta password dapat ditebak penipu hanya dengan waktu 1 menit.

Baca juga: Sulit Menghapal Password? Pakai Passkey Saja
 

Cara Kerja Aplikasi Pengelola Kata Sandi

Setelah membuat akun, Genhype dapat menyimpan data login, informasi kartu kredit dan hal sensitif lainnya ke sebuah sistem yang disediakan. Pengelola kata sandi nantinya akan menyimpan semua data dalam format yang sudah terenkripsi, sehingga sulit bagi penjahat siber untuk membacanya.

Setiap kali Anda mengunjungi situs atau aplikasi yang memerlukan login, pengelola kata sandi dapat otomatis mengisi nama pengguna dan kata sandi. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu terlebih jika memiliki banyak akun.

Selain itu, kemampuan untuk memberikan kata sandi yang kuat dan acak juga fitur yang ditawarkan oleh pengelola kata sandi. Dengan demikian, pengelola kata sandi menjadi alat penting bagi siapa pun yang ingin menjaga keamanan akun daring mereka.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut 3 aplikasi untuk menyimpan data password dengan aman.
 

1. 1Password

Aplikasi pengelola kata sandi yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak dari Kanada AgileBits Inc ini, mendukung berbagai platform dari iOS, Android, Windows, Linux, hingga macOS. 1Password menawarkan fitur isi otomatis “autofill” informasi seperti username, kata sandi, dan nomor kartu kredit Anda. 

1Password menawarkan harga Rp57.000 per bulan untuk paket individu, Rp99.000 per bulan untuk paket keluarga dan Rp299.000 per bulan untuk paket yang bisa digunakan untuk 10 orang sekaligus.

Jika Genhype mencari pengelola password yang andal dan mudah digunakan dengan fitur hebat dan alat perlindungan akun, 1Password merupan pilihan utama.
 

2. NordPass

Aplikasi pengelola kata sandi yang diluncurkan pada 2019 ini menawarkan fitur Data Breach Scanner dan otentikasi multi-faktor. Fitur Data Breach Scanner memastikan informasi Anda aman dan memperingatkan pelanggan jika kata sandi yang disimpan telah disusupi dalam insiden keamanan pihak ketiga.

NordPass dibuat oleh tim yang sama di belakang NordVPN. Aplikasi ini menyediakan enkripsi tingkat lanjut untuk menyimpan kata sandi dan data sensitif. Layanan ini bisa dinikmati dengan harga Rp 28,586 per bulan. NordPass juga tersedia di platform iOS, Android, Windows, Linux, hingga macOS.
 

3. Dashlane

Diluncurkan pada 6 Juli 2009, aplikasi pengelola password ini menawarkan fitur yang beragam mulai dari perlindungan VPN, penyimpanan yang besar dan pemantauan dark web.

Genhype dapat mencoba akun pribadi dasar secara gratis, sedangkan langganan premium dengan VPN akan dikenakan biaya Rp75.000 per bulan, ditagih setiap tahun. Paket keluarga dengan maksimal 10 akun berharga Rp113.000 per bulan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Drama Horor-Thriller Hellbound 2 Siap Kembali dengan Kisah yang Lebih Mencekam

BERIKUTNYA

Mengenal Sound Healing, Terapi Kesehatan Mental dengan Alat Musik Tradisional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: