Produk oli yang dijual di salah satu distributor oli di Bekasi, Jawa Barat (dok: Hypeabis/Rezha Hadyan)

Motor Tua Butuh Oli Mesin yang Lebih Kental, Ini Alasannya

23 November 2021   |   17:54 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Tahukah kalian, jenis oli yang direkomendasikan untuk motor keluaran lama atau jadul ternyata berbeda dari yang disarankan bagi motor-motor baru? Pemilik motor baru biasanya disarankan menggunakan oli dengan konsistensi encer untuk tunggangan kesayangannya itu.

Namun, lain halnya dengan motor lawas. Untuk motor lawas malah sebaliknya, oli kental yang menjadi rekomendasi. Apa kelebihan oli kental untuk motor berusia ‘senior’?

Penggunaan oli kental bagi motor-motor berusia tua bukanlah tanpa alasan. Ini dia penjelasan dari Astra Honda Motor (AHM) yang akan menjawab rasa penasaran kalian!


1. Faktor struktur mesin motor lama


Pada motor lama, celah antarkomponen di mesinnya lebih renggang dibanding motor baru. Termasuk pada ring piston dan klep. Salah satunya bisa ditemukan pada motor gede yang usianya di atas 20 tahun.

Sebenarnya, definisi tua bagi motor tidak hanya serta-merta dilihat dari umurnya, melainkan juga kilometer yang dilaluinya. Motor yang sudah menempuh perjalanan puluhan ribu kilometer juga bisa dikategorikan sebagai motor tua.

Untuk motor-motor senior seperti ini, sebaiknya Genhype memilih oli dengan spesifikasi 20W-40 hingga 20W-50. Sebagai perbandingan, oli yang biasanya dipakai motor-motor baru, mempunyai spesifikasi 10W-40, yang tentu saja lebih encer.

(Baca juga: Gampang, Ini 6 Cara Membersihkan Blok Mesin Motor)


2. Faktor pengikisan


Dengan bertambahnya umur motor, pengikisan pun terjadi pada celah dinding silinder serta piston. Jadi, untuk mencegah penurunan kompresi maupun merembesnya oli ke ruang bakar, Genhype disarankan memilih oli kental untuk motor lawas.

Untuk meyakinkan jenis oli yang diperlukan, Kalian bisa memeriksa kondisi asap knalpot motor. Jika asapnya sudah ngebul, ini tandanya oli kental pun diperlukan.

Setelah memilih oli dengan spek tepat untuk motor lawas kesayangan kalian, ada hal lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian. Selalu lakukan penggantian oli secara rutin sesuai jadwal. Jangan termakan mitos, yang menyebut “Motor makin tua, semakin bandel.”

Tentu saja kalau terlambat ganti oli, tingkat pelumasan mesin pun semakin berkurang. Kalau sudah begini ceritanya, performa mesin jadi tidak optimal.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tren Hidup Sehat Bikin Peluang Bisnis Healthy Food Kian Besar

BERIKUTNYA

Akses Pengobatan Belum Merata, Angka Kematian Akibat Kanker Paru Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: