Girl from Nowhere Season 2. (Dok. Netflix)

Konten Netflix Korea Selatan dan Thailand Tarik Banyak Penonton

10 November 2021   |   22:09 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Keputusan menggarap musim kedua serial Netflix populer, Squid Game, adalah keputusan yang tepat, menurut perusahaan analisis Media Partners Asia yang menemukan bahwa konten Korea Selatan dan Thailand memiliki potensi penonton lintas negara terkuat di kawasan Asia-Pasifik.

Laporan Netflix in the Asia Pacific: The Scalability of Local Content yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut didasarkan pada pengukuran pasif dari 30.000 konsumen streaming di Australia, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Taiwan.

“Analisis kami menunjukkan bahwa konten AS, Korea, dan Jepang terus mendorong pertumbuhan pelanggan dan keterlibatan Netflix pada kuartal III/2021. Drama Korea dan Thailand menunjukkan kemampuan perjalanan yang kuat, dengan pangsa streaming yang signifikan dihasilkan di luar negara asal,” kata analis MPA Dhivya T, seperti dilansir Variety

Dia menambahkan bahwa popularitas konten original dari Korea Selatan dan AS yang dirilis pada akhir kuartal ketiga tahun ini seperti Squid Game dan Sex/Life diperkirakan akan berlanjut hingga kuartal keempat, bersamaan dengan kembalinya serial hits seperti You Season 3 dan Money Heist Season 5.

Data gabungan menunjukkan serial AS menyumbang 29 persen waktu menonton di sembilan wilayah di dunia, dan serial Korea 28 persen. 

Kategori peringkat teratas lainnya termasuk film AS dan anime Jepang, dengan masing-masing 10 persen, diikuti oleh konten Inggris dan Eropa, dan semua konten Asia lainnya dengan 11 persen.

(Baca juga: Asyik, Sutradara Hwang Dong-hyuk Sebut Musim Kedua Squid Game Akan Hadir)

Squid Game. (Dok. Netflix)

Squid Game. (Dok. Netflix)

Di Asia-Pasifik, Dhivya dan tim menemukan perbedaan yang signifikan.

Penonton Australia khususnya cukup banyak mengkonsumsi serial dan film berbahasa Inggris dengan serial AS sebagai kategori tunggal terbesar.

Konten Korea mendorong 55 persen konsumsi Netflix di Korea Selatan, dipimpin oleh drama lokal yang ditayangkan di Netflix. Adapun film-film baru dan anime mendorong hampir setengah konsumsi Netflix di Jepang.

Laporan tersebut juga menuliskan bahwa serial AS dan Korea Selatan hampir setara dalam mendorong pangsa konsumsi di Asia Tenggara pada kuartal ketiga, sementara serial dan film Thailand mulai menerobos pasar utama.

“Saat kita memasuki tahun 2022, kami memperkirakan drama Korea dan serial baru anime, drama, dan film Jepang akan memainkan peran utama di kawasan ini, sementara minat regional yang muncul pada serial dan film Thailand kemungkinan akan menarik investasi lebih lanjut dari Netflix," tulis laporan tersebut.

MPA memberi peringkat pada 15 rilisan terbaru dengan kemampuan penetrasi penonton tertinggi.

Tidak mengherankan jika Squid Game memimpin untuk konten original Korea Selatan.

Adapun, serial original dari Thailand seperti Girl From Nowhere Season 2, Bangkok Breaking dan Deep masuk 15 besar.

Serial Sex/Life memimpin peringkat di AS, sedangkan Sex Education Season 3 dan Money Heist Season 5 memimpin untuk konten interasional.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Banyak yang Berencana Libur Akhir Tahun, Ini Daerah yang Paling Banyak Dikunjungi

BERIKUTNYA

Riset dari TikTok Ini Menunjukkan Indonesia Adalah Negara Kpopers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: