Ilustrasi (dok. Pexels)

5 Prinsip Ikigai Ini Bikin Hidup Menjadi Lebih Bermakna

29 October 2021   |   21:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memaknai kehidupan sangat penting untuk membuat kita lebih bahagia dan terhindar dari rasa cemas. Ada banyak konsep untuk mencapai hidup bermakna, salah satunya Ikigai. Ikigai merupakan istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Konsep ini sudah menjadi filosofi hidup masyarkat Jepang. 

Psikolog Jovita Ferliana mengatakan ada empat irisan dalam konsep Ikigai. Pertama adalah apa yang kamu sukai dan memang ingin kamu lakukan (love). Kedua, apa yang bagus untuk kamu lakukan atau kamu berkompetensi pada hal tersebut (good at).

Ketiga apa yang kamu hargai dalam hal tersebut (paid for). Keempat, apa sih yang dunia atau lingkungan butuhkan dari diri kamu (needs).

“Empat irisan ini apabila disatukan dan dirasakan dalam keseharian, ini makna kehidupan,” ujarnya dalam diskusi virtual bertajuk Jalani Hidup Terbaik, Jumat (29/10/2021).

Ya, keempat irisan ini bisa saling bersinggungan. Misal, apa yang kamu sukai kemudian kamu lakukan dan akhirnya kamu berkompeten dalam bidang tersebut, itu dinamakan passion. Atau, saat kamu berkompeten melakukan sesuatu dan hal tersebut mendapat penghargaan, ini bisa dikatakan profesi. “Penghargaan tidak selalu soal uang,” tegas Jovita.

Namun memang kehidupan tidak selalu mulus. Bisa jadi kamu hanya mendapat salah satu dari irisan tersebut. Namun apapun keadaannya, itu tidak apa-apa. Menurut Jovita yang penting kamu bisa menikmati apa yang dirasakan dan menikmatinya. 

“Ikigai adalah proses yang kita cari sepanjang hidup,” jelasnya.

Setiap orang memiliki standar dan penilaian berbeda tentang hidup terbaik karena hal tersebut bernilai subjektif. Nah, untuk memaknai kehidupan, berikut tips yang bisa kamu lakukan.
 

1. Menjalani kehidupan yang membuat bahagia.

Konsep bahagia berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang bahagia hanya ketika bertemu dan bermain bersama anak atau orang terkasih, tidak sedikit pula yang bahagia apabila mendapat sesuatu yang sangat diinginkan. 
 

2. Temukan potensi terbaik. 

Jovita menyebut potensi bisa berupa apa saja. Itu bisa ditemukan ketika kamu melakukan hal yang disukai dan dilakukan setiap hari.
 

3. Memilih jalan hidup sesuai yang diinginkan.

Hidup kamu yang jalani ya diri kamu sendiri. Tidak perlu berpaku pada kehidupan orang lain.
 

4. Melakukan yang terbaik untuk orang terkasih

Lakukan yang terbaik untuk anak, orang tua, atau pasangan kamu, sesuai yang kamu inginkan. “Misal menemani anak belajar atau menjadi pendengar yang terbaik untuk pasangan,” sebut Jovita.
 

5. Mengisi tubuh, pikiran, dan jiwa.

Mengisi tubuh berarti memberikan nutrisi yang baik untuk diri kita dan anggota keluarga. Mengisi pikiran bisa dengan berpikir positif dan mencari inspirasi yang bisa membuat diri kamu lebih baik. 

Sedangkan mengisi jiwa bisa dengan bersyukur terhadap apa yang sudah terjadi baik di masa lalu hingga hari ini. Kamu juga bisa melakukan relaksasi sehingga pikiran lebih jernih. 

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kolaborasi Perajin & Perancang Jadi Kunci Keberlanjutan Warisan Budaya

BERIKUTNYA

10 Tips Menjalani Hidup Terbaik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: