Salah satu makanan ciri khas dari The Chairman (Dok. The Chairman)

Intip Rahasia The Chairman, Restoran Hong Kong yang Masuk dalam World’s 50 Best Restaurants Awards 2021

15 October 2021   |   10:43 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

The Chairman, restoran Kantonis yang terletak di Central, Hong Kong, menduduki peringkat ke-10 dalam World’s 50 Best Restaurants Awards 2021. Dilaksanakan pada 5 Oktober 2021 di Antwerp, Flanders, penghargaan tersebut merupakan hasil penilaian terhadap restoran-restoran dari 26 negara yang terletak di 5 benua berbeda. The Chairman adalah satu-satunya restoran masakan Cina yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Sebagai restoran yang memadukan konsep tradisional dengan modern, The Chairman memiliki filosofi makanan yang unik dengan pendekatan ala Kanton. Danny Yip, pemilik The Chairman, mengungkapkan secara konsisten dia menggunakan bahan-bahan lokal dalam menyajikan berbagai hidangan di restorannya.

Yip percaya bahwa dengan menggunakan produk lokal, tidak hanya menghasilkan sebuah cita rasa dalam sebuah masakan, tetapi lebih dari itu, akan tercipta juga hubungan emosional yang jauh lebih spesial. Salah satu tempat yang menjadi andalannya adalah Aberdeen Wholesale Fish Market, pasar ikan terbesar dan tertua di Hong Kong.
 

Danny Yip saat membeli bahan masakan (Dok. The Chairman)

Danny Yip saat membeli bahan masakan (Dok. The Chairman)

Tidak seperti restoran lain yang mendapatkan pasokan bahan masakan laut dari para pemasok, Yip rutin mengajak seorang ahli yang setiap hari berbelanja ke pasar untuk memilih bahan-bahan terbaik.

Salah satu hidangannya yang terkenal adalah rajungan kukus yang dihidangkan dengan anggur tua Shao Xing dan minyak ayam. Hidangan ini juga memiliki rasa segar karena penggunaan clam juice yang didapat dari kerang terbaik.

“Saat menyantap makanan, cita rasa dari makanan tersebut akan selalu ada dalam ingatan,” ujar Yip dalam pernyataan resminya, Jumat (15/10/2021).

Hidangan lainnya yang unik juga adalah kerang yang dikukus dengan campuran fermentasi lemon dan rempah. Fermentasi lemon yang digunakan Yip dapatkan dari Tai Mai Sauce Co, sebuah toko yang terletak di Kwung Tong.

Toko berusia lebih dari 60 tahun itu menjual berbagai macam saus buatan sendiri, serta merupakan pemasok saus kedelai hitam dan saus lainnya untuk restoran milik Yip.

Danny Yip saat membeli bahan masakan (Dok. The Chairman)

Selain itu, restoran The Chairman juga memiliki filosofi yang berbeda dari restoran Kantonis lainnya, di mana mereka berfokus kepada konsep-konsep unik dan bahan yang mereka gunakan dibandingkan mengikuti resep yang sudah ada.

Hal ini memungkinkan Yip untuk memadukan konsep tradisional dengan kreativitas serta inovasi baru. Para koki di The Chairman juga didorong untuk bereksperimen menggunakan bahan-bahan dan teknik tradisional untuk menyiapkan hidangan Kantonis yang unik untuk pelanggannya.

(Baca juga: Green Rebel Gaet 2 Restoran Ini Bikin Menu Berbahan Nabati)

Seperti pepatah yang ada pada masakan Kantonis, “ayam harus terasa seperti ayam, dan ikan harus terasa seperti ikan”, Yip juga menekankan pentingnya dari teknik dasar saat menyiapkan hidangan yang ditumis atau dikukus dalam masakan sehingga dapat menunjukkan cita rasa alami dari bahan yang digunakan.

“Masakan Kantonis memerlukan kesegaran dari bahan-bahan yang digunakan, hal itu bisa dicapai dengan menggunakan produk lokal yang berasal dari pasar setempat,” ujar Yip.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

NIK Dijadikan Pengganti NPWP? Ini Syarat Aman dari Kebocoran

BERIKUTNYA

Berguna Buat Parkir, Berikut Tips Mundur dengan Mobil Manual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: