Dok. Nona Rara Batik

Mejeng di Billboard Times Square New York, Brand Fesyen Batik Ini Siap Go Global

11 October 2021   |   12:13 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Brand fesyen batik Nona Rara Batik sempat menjadi salah satu brand lokal yang sempat mejeng di billboard Times Square, New York beberapa waktu lalu. Hal itu lantaran Nona Rara Batik menjadi salah satu brand fesyen yang menjalin kerja sama dengan Hypefast sebagai agensi digital branding.

Kemunculannya tersebut menjadi semacam teaser karena Hypefast menargetkan brand-brand lokal, seperti Nona Rara Batik, bisa mencapai ke pasar global dengan cara yang lebih efektif dan skalabilitas lebih luas pada akhir tahun 2022 nanti. 

“Bagi Nona Rara Batik, kesempatan muncul di NYC walaupun dalam bentuk videotron, merupakan harapan bahwa merek lokal bisa meng-global,” ujar Pipiet Noorastuti Co-Founder Nona Rara Batik

Memang dari sisi penjualan tidak ada dampak langsung yang dirasakan oleh Nona Rara Batik. Namun, sebagai brand fesyen lokal tentu saja ada rasa kebanggaan dari para pembeli dan pengikut Nona Rara yang mungkin berdampak tidak langsung pada penjualan.  

Kehadiran Nona Rara Batik tidak lepas dari masa kecil Pipiet yang begitu lekat dengan para perajin batik karena sang nenek yang juga seorang perajin. Sejak kecil, Pipiet memang telah memiliki tekad yang kuat untuk melestarikan dan membangkitkan kembali budaya batik nusantara.

Hingga akhirnya ketika beranjak dewasa dia pun mendirikan usaha batik lokal di bawah bendera usaha Nona Rara Batik pada 2011 dengan menggandeng para pengrajin batik daerah untuk memproduksi batik-batik dengan desain kasual dan hanya menggunakan batik tulis maupun batik cap. 

Selain memiliki kenangan di masa kecil, Pipiet juga melihat peluang dan potensi bisnis fesyen terus berkembang. Apalagi banyak brand lokal yang produk dan kualitasnya tidak kalah saing dengan produksi luar negeri. 

Sejak awal kehadirannya, Nona Rara Batik hanya memproduksi batik hasil karya pengrajin lokal serta tidak menggunakan batik yang diproduksi melalui mesin cetak. 

Setiap bulannya, Nona Rara Batik terus meluncurkan 2 koleksi baru dimana setiap peluncurannya kerap mengusung tema kain tertentu atau pesan khusus sehingga memperkenalkan berbagai jenis wasta Indonesia.
 
Model-model yang biasa dikeluarkan adalah atasan, gaun, blazer, jaket, celana, rok yang umumnya dapat digunakan ke kantor tetap dengan variasi non-formal. Kisaran harga sekitar Rp250.000 hingga Rp550.000 dengan tetap mengusahakan agar batik siap pakai ini masih relatif terjangkau masyarakat luas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Bocoran Awal Konflik dalam Trailer Perdana Film Kadet 1947

BERIKUTNYA

WhatsApp Uji Coba Cadangan Cloud Terenkripsi di Android & iOS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: