Beberapa koleksi dari Iwan Tirta Private Collection (Dok. Iwan Tirta Private Collection)

Iwan Tirta Private Collection & Dee Lestari Luncurkan Koleksi Batik Prithvi Mata

02 October 2021   |   18:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional pada hari ini, Iwan Tirta Private Collection berkolaborasi dengan penulis Dee Lestari meluncurkan koleksi runway terbaru yang menggabungkan seni literasi ke dalam sebuah rangkaian koleksi fesyen bertajuk Prithvi Mata.

Dalam kolaborasi tersebut, Dee menulis cerita dengan judul yang sama mengangkat sisi filosofis tentang Ibu Pertiwi yang menjadi inspirasi utama koleksi Prithvi Mata. Penggabungan literasi dengan fesyen itu diharapkan bukan hanya memanjakan mata melalui keindahan motif batik yang ditampilkan, tetapi juga dapat menyentuh jiwa melalui sebuah cerita.

Melalui pendekatan personifikasi, Dee menceritakan setiap sequence dalam rangkaian koleksi itu sebagai karakter dengan sifat unik. Prithvi Mata digambarkan sebagai sosok ibu dengan 3 anak yang berperan masing-masing dalam membangun Nusantara.
 

greg

Beberapa koleksi Prithvi Mata (Dok. Iwan Tirta Private Collection)

Ada Svarnnabhumi sebagai seorang pelaut gagah yang membangun Negeri Emas, Yavadvipa sebagai sang raja bijaksana yang membangun Negeri Agung dan Purvanusa sebagai putri cantik yang bertugas menjadi ratu pemimpin Negeri Timur.

“Kolaborasi ini merupakan aktualisasi dalam meneruskan semangat Iwan Tirta yang memberikan apresiasi tinggi pada seni multidimensi secara umum dan seni Indonesia pada khususnya,” ujar Dee dalam keterangan resminya, Sabtu (2/10).

Ketiga nama tokoh tersebut merupakan beberapa motif batik yang ditampilkan dalam rangkaian koleksi Prithvi Mata Runway Collection 2022. Svarnnabhumi (Sumatera) bernuansa warna biru dan putih dengan motif yang diambil dari relief atau artefak dinasti Sriwijaya seperti Candi Muaro Jambi hingga kapal dari armada laut Sriwijaya.

Lalu ada Yavadvipa (Jawa-Madura) yang ditampilkan dalam spektrum warna hijau tua dan muda dengan motif batik khas Jawa Madura seperti Suryo Medal Majapahit, Uceng Barong, dan Tirto Tejo.

Sebagai penutup, Purvanusa (Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Papua) menampilkan rangkaian motif dari timur Nusantara seperti Tenun Nusa Tenggara dan Kalimantan serta stilasi Cendrawasih dan Kakatua dalam nuansa warna kuning, oranye, dan coklat.

Adapun koleksi Prithvi Mata sendiri terdiri dari 5 koleksi kemeja lengan panjang pria dengan pilihan material sutera tenun dan katun, serta 5 koleksi pakaian wanita dengan style modern look.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Promosi Deja Vu Rampung, ATEEZ Akan Rilis Video Klip Lagu Eternal Sunshine

BERIKUTNYA

Valentina Melestarikan Batik lewat Fashion Kasual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: