Ilustrasi kopi (Dok. Fahmi Fakhrudin/Unsplash)

Hari Kopi Sedunia, Ini 5 Fakta Unik Kopi yang Jarang Diketahui

01 October 2021   |   18:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia. Peringatan ini bukan hanya sebagai bentuk penghargaan kepada kopi yang telah menjadi minuman favorit banyak orang, tetapi juga didedikasikan untuk para petani kopi atas upaya mereka yang telah memproduksi biji kopi sekaligus mempromosikan perdagangan kopi di seluruh dunia.

Perayaan ini dilakukan sejak 2015 yang dipelopori oleh Organisasi Kopi Internasional (ICO) yang tujuannya untuk merayakan kopi sebagai minuman sekaligus membangun kesadaran akan perjuangan para petani kopi. Tahun ini, ICO mengambil tema Coffee’s Next Generation, sebuah inisiatif global yang menargetkan kaum muda dan pengusaha berbakat untuk termotivasi di sektor kopi.

Untuk lebih mengenal kopi di Hari Kopi Sedunia, simak beberapa fakta menarik tentang kopi yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id seperti berikut ini.

1. Kopi ditemukan oleh penggembala kambing
Kopi dipercaya ditemukan oleh seorang penggembala kambing di Ethiopia pada tahun 1500-an setelah dia mengamati perilaku aneh pada kambingnya. Hewan peliharaannya itu tiba-tiba memiliki banyak energi dan tidak bisa tidur di malam hari setelah diketahui memakan buah kopi. Penggembala itu akhirnya berbagi temuannya kepada biarawan lokal yang akhirnya membuat minuman sendiri dari biji kopi tersebut.

2. Kopi salah satu minuman paling banyak dikonsumsi di dunia
Hal ini mungkin tidak terlalu mengejutkan, pasalnya banyak orang yang gemar meminum kopi. Tapi Genhype perlu tahu kalau menurut riset Esquires Coffee, kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi dengan lebih dari 400 miliar cangkir dikonsumsi setiap tahunnya.
 

Ilustrasi kopi (Dok.???????? Janko Ferli?/Unsplash)

Ilustrasi kopi (Dok.???????? Janko Ferli?/Unsplash)


3. Secangkir kopi terbesar di dunia lebih dari 20.000 liter
Pada 15 Juni 2019, secangkir kopi terbesar pernah dibuat sebanyak 2,739 liter dan tercatat dalam Guinness Book of World Records. Cangkir itu dibuat oleh seniman Alcaldia Municipal de Chinchina dari Kolombia dan memakan waktu lebih dari sebulan dengan melibatkan 50 orang untuk membuatnya.
 
1
2


SEBELUMNYA

Hati-Hati, Ancaman Siber di Balik Penayangan Film No Time to Die

BERIKUTNYA

Siap-siap, Film Paranoia Tayang di Bioskop 11 November

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: