Penerjemah PBB bekerja selama debat Dewan Keamanan. Juru bahasa adalah salah satu jenis profesional bahasa yang dipekerjakan di PBB. (UN Photo/Manuel Elias)

5 Fakta Menarik Seputar Profesi Penerjemah

30 September 2021   |   22:30 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Genhype, kalian tertarik menggeluti profesi sebagai penerjemah? Profesi ini tentunya menuntut keahlian berbahasa yang baik yang bukan cuma menguasai bahasa Inggris, tetapi juga penguasaan bahasa-bahasa utama di dunia. Saking spesialnya profesi ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun menetapkan Hari Penerjemahan Internasional yang diperingati setiap 30 September. 

Hal itu lantaran para profesional bahasa memainkan peran penting dalam menyatukan bangsa, memfasilitasi dialog, kesepahaman dan kerja sama, hingga berkontribusi pada pembangunan dan memperkuat perdamaian dan keamanan dunia.

Penerjemahan profesional sangat diperlukan untuk menjaga kejelasan, iklim positif, dan produktivitas dalam wacana publik internasional dan komunikasi antarpribadi. Untuk itu, pada 24 Mei 2017, Majelis Umum mengadopsi resolusi 71/288 tentang peran profesional bahasa dalam menghubungkan negara-negara dan membina perdamaian, pemahaman dan pembangunan, sekaligus menyatakan 30 September sebagai International Translation Day.

Berikut 5 fakta menarik tentang profesi penerjemah ini yang dikutip dari situs PBB.
 

1. Ada kontes terjemahan tahunan 

Setiap tahun sejak 2005, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengundang semua stafnya yang terakreditasi, dan mahasiswa dari universitas mitra terpilih untuk bersaing dalam Kontes Terjemahan St. Jerome PBB, sebuah kontes yang memberikan penghargaan kepada terjemahan terbaik dalam bahasa Arab, China, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, serta Jerman, dan bertujuan untuk merayakan multibahasa dan menyoroti peran penting penerjemah dan profesional bahasa lainnya dalam diplomasi multilateral.
 

2. Berperan penting dalam berbagai aspek pembangunan

Bahasa dengan implikasinya yang kompleks terhadap identitas, komunikasi, integrasi sosial, pendidikan dan pembangunan, memiliki kepentingan strategis bagi manusia dan planet ini. Ada kesadaran yang berkembang bahwa bahasa memainkan peran penting dalam pembangunan dunia. Bukan hanya memediasi dialog antarbudaya, tetapi juga dalam mencapai pendidikan berkualitas untuk semua dan memperkuat kerja sama. Turut serta juga dalam membangun pengetahuan yang inklusif bagi masyarakat dan melestarikan warisan budaya, hingga dalam memobilisasi kemauan politik untuk menerapkan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pembangunan berkelanjutan.
 

3. Membangun suasana harmonis

Terciptanya komunikasi yang harmonis di antara warga dunia tidak lepas dari peran profesi penerjemah ini. Para ahli multibahasa juga menjadi garda terdepan dalam mempromosikan toleransi, memastikan partisipasi yang efektif dari semua pihak.
 

4. Paling besar bekerja untuk PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi organisasi yang memiliki profesional bahasa terbesar di dunia. Beberapa ratus staf bahasa bekerja di kantor-kantor PBB di New York, Jenewa, Wina dan Nairobi, atau di komisi regional PBB di Addis Ababa, Bangkok, Beirut, Jenewa dan Santiago. Penerjemah adalah salah satu jenis profesional bahasa yang dipekerjakan di PBB. Spesialis bahasa PBB ini meliputi asisten editorial dan penerbitan, editor bahasa, interpreter, penulis, editor produksi dan penerbitan, penerjemah, hingga wartawan.
 

5. Penguasaan multibahasa

Penerjemah PBB menangani semua jenis dokumen, dari pernyataan oleh negara anggota hingga laporan yang disiapkan oleh badan ahli. Dokumen-dokumen yang mereka terjemahkan mencakup setiap topik dalam agenda PBB, termasuk hak asasi manusia, perdamaian dan keamanan, dan pembangunan. 

Masalah baru muncul setiap hari. Dokumen PBB dikeluarkan secara bersamaan dalam enam bahasa resmi Organisasi (Arab, China, Inggris, Prancis, Rusia dan Spanyol). Beberapa dokumen inti juga diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Dokumentasi multibahasa ini dimungkinkan oleh para penerjemah PBB, yang tugasnya adalah menerjemahkan secara jelas dan akurat isi teks asli ke dalam bahasa utama mereka.

Tertarik untuk bekerja sebagai spesialis bahasa di PBB? silakan periksa peluang kariernya di situs PBB.

Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

4 Destinasi Wisata di Dubai Ini Segera Dibuka

BERIKUTNYA

Lacak Baterai Tubuh Bisa Pakai Smartwatch Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: