Ilustrasi (Dok. Nicole Michalou/Pexels)

4 Film Ini Bisa Mengubah Perspektifmu tentang Makanan

18 September 2021   |   19:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Cooked (2016)
 


Film dokumenter satu ini merupakan adaptasi dari buku dengan judul yang sama ditulis oleh penulis terkenal Michael Pollan. Series ini terdiri dari empat episode yang masing-masing memiliki elemen yang yang berbeda yaitu tanah, api, air, dan udara. Dalam setiap episodenya, dokumenter ini bercerita tentang bagaimana elemen tersebut dipakai dalam proses memasak serta perkembangan proses memasak dalam peradaban manusia.

Selain itu, dokumenter ini juga menunjukkan kepada kita bahwa makanan adalah bagian dari evolusi budaya manusia dan tren saat ini, di mana makin sedikit jumlah orang yang memasak makanannya sendiri. Menurut Michael Pollan, tren tersebut bisa berbahaya bagi peradaban manusia. Meskipun begitu, dokumenter ini juga tak luput untuk memberi pemahaman bahwa makanan adalah bagian dari kekayaan peradaban manusia.


4. That Sugar Film (2014)
 


Sesuai dengan judulnya, film dokumenter yang diproduksi pada tahun 2014 ini disutradarai sekaligus dibintangi oleh aktor asal Australia, Damon Gameau yang bercerita tentang eksperimen pribadinya yang mengonsumsi 40 sendok teh gula per hari selama 60 hari. Hal itu berangkat dari data yang menunjukkan bahwa kadar gula harian yang dikonsumsi kebanyakan penduduk Australia usia 19--30 tahun adalah 40 sendok teh gula per hari.

Hasilnya, dalam 12 hari, berat badan Gameau bertambah sebanyak 3 kilogram. Pada hari ke-18, dalam tubuhnya ditemukan penumpukan lemak berlebih yang bisa menyebabkan gagal hati jika tidak segera ditangani. Hingga pada akhir eksperimennya, berat badannya sudah naik sebanyak 8,5 kilogram.

Tak hanya itu, tubuhnya menunjukkan perkembangan pre-diabetes tipe 2, serta penurunan fungsi kognitif dan perubahan suasana hati secara tidak stabil. Melalui dokumenter ini, kita bisa belajar bahwa tidak seberapa penting kita berolahraga, mengonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan tubuh kita mengalami kerusakan baik secara fisik maupun mental.



Editor: Roni Yunianto

 
1
2


SEBELUMNYA

Ketegangan & Drama di Teaser 'Show Me The Money 10'

BERIKUTNYA

Billie Eilish & Seniman AS Kampanyekan Perubahan Iklim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: