Ilustrasi (Dok. Nicole Michalou/Pexels)

4 Film Ini Bisa Mengubah Perspektifmu tentang Makanan

18 September 2021   |   19:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Jika tubuh adalah sebuah kendaraan, maka makanan adalah bahan bakarnya. Namun, nilai makanan bukan hanya sebatas menjadi rutinitas bagi pemenuhan hidup kita sehari-hari. Makanan yang kita konsumsi bahkan secara tidak langsung mencerminkan siapa diri kita.

Seperti sebuah istilah yang berbunyi ‘we are what we eat’. Nilai semacam itu bukan hanya bisa kamu pelajari di buku-buku atau artikel tentang filosofi makanan lho Genhype. Berikut ini adalah beberapa film dokumenter tentang makanan yang membuat pikiranmu semakin terbuka bahwa makanan memiliki faktor penting dalam hidup baik secara jasmani, rohani, maupun sosiokultural. Simak yuk.

1. The Game Changers (2018) 


Film dokumenter yang tayang di Netflix ini berkisah tentang seorang mantan pelaga UFC yang berusaha menanggulangi cederanya lewat riset tentang nutrisi dan kebiasaan makan atlet-atlet papan atas. Sudut pandang film didominasi melalui kaca mata para atlet yang diasumsikan sebagai ikon kebugaran. Salah satu atlet yang ditampilkan adalah binaragawan Arnold Schwarzenegger yang melakukan perubahan gaya makan menjadi vegetarian.

Selain itu, film ini juga menampilkan perdebatan antara plant-based diet dengan meat-based diet dengan menyertakan beberapa hasil riset, yang telah dipraktikkan oleh para atlet. Melalui dokumenter ini, kita akan tahu bahwa dampak makanan terhadap kesehatan individu benar-benar dirasakan langsung dan secara masif.

2. Ugly Delicious (2018) 


Ugly Delicious adalah TV show dengan gaya dokumenter yang digarap oleh beberapa orang dari berbagai latar belakang seperti chef Amerika keturunan Korea David Chang, filmmaker Morgan Neville, dan penulis tentang makanan Peter Meehan. Film dokumenter ini berusaha membuka mata kita tentang kecenderungan manusia yang gemar mengkategorikan makanan, penggambaran makanan sebagai cerminan manusia, serta respon manusia terhadap makanan itu sendiri.

Uniknya, pada setiap episode, dokumenter ini selalu membahas makanan yang berbeda dengan sekelompok peminat makanan yang masing-masing memiliki perspektif berbeda dalam mengkaji keberadaan sebuah makanan.

 
1
2


SEBELUMNYA

Ketegangan & Drama di Teaser 'Show Me The Money 10'

BERIKUTNYA

Billie Eilish & Seniman AS Kampanyekan Perubahan Iklim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: