Ilustrasi (Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

3 Masalah Kesehatan yang Muncul selama Pandemi Covid-19

14 September 2021   |   03:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bukan rahasia jika pandemi Covid-19 berdampak pada kondisi kesehatan banyak orang. Selain infeksi Covid-19 itu sendiri, ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh stres, isolasi, dan gangguan rutinitas yang terjadi. Beberapa masalah kesehatan yang terjadi di antaranya adalah berat badan naik hingga sakit punggung. 

Melansir dari Medical Xpress, Senin (13/9), berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi selama pandemi Covid-19.

1. Obesitas
Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah gaya hidup sebagian orang dalam pekerjaan, olahraga, dan makanan. Dokter keluarga dan spesialis pengobatan obesitas Naomi Parella mengatakan bahwa banyak pasiennya yang mengalami masalah kesehatan terkait berat badan.

“Mereka mengatakan bekerja dari rumah membuat mereka memiliki akses yang lebih mudah ke makanan dan menjadikannya sebagai sesuatu yang memberikan kenyamanan,” katanya.

Kondisi itu juga ditambah dengan banyak pasien yang menunda menemui dokter untuk melakukan tindakan perawatan. “Seringkali, perubahan tekanan darah, berat badan, dan gula darah tidak diperhatikan sampai kamu menemui dokter,” tambahnya.
 

Ilustrasi (Dok. yunmai/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. yunmai/Unsplash)


2. Masalah jantung
Ahli jantung Rush Daniel Luger mengatakan stres yang berkepanjangan selama pandemi Covid-19 juga merupakan faktor risiko jantung utama yang kurang diperhatikan. Padahal, menurutnya, stres memiliki konsekuensi fisiologis langsung untuk sistem jantung.

“Terutama pada masa pandemi yang membatasi interaksi sosial kita, stres tingkat tinggi yang dibarengi dengan perilaku makan tidak sehat dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung,” ujarnya.

Jika kamu berisiko mengalami masalah kesehatan jantung, Luger merekomendasikan untuk menemui ahli jantung dan mulai secara aktif menjaga kesehatan tubuh.

3. Sakit punggung dan leher
Sakit punggung dan leher juga meningkat setelah banyak orang beralih bekerja dari rumah. Seorang dokter fisik dan rehabilitasi di Rush Oak Brook Hong Wu mengatakan dia belum pernah melihat begitu banyak pasien muda yang mencari pengobatan untuk sakit punggung dan leher.

“Perubahan gaya hidup menyebabkan banyak orang menjadi lebih sering duduk dan pengaturan kerja dari rumah seringkali tidak seideal lingkungan kerja normal,” ungkapnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Dipha Barus & Weird Genius Akan Berbagi Panggung dengan DJ Kelas Dunia

BERIKUTNYA

Ingin Bepergian? Berikut Syarat Terbaru Naik Kereta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: