Ilustrasi kamera iPhone (dok: Unsplash/The Registi)

Getaran Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone, Simak Penjelasan Resmi Apple!

13 September 2021   |   09:12 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian pengguna iPhone, ada informasi penting yang harus kalian ketahui agar ponsel kesayangan kalian itu tak cepat rusak. Apple memperingatkan bahwa kinerja sistem kamera iPhone berpotensi menurun akibat getaran.

Apple menyebut getaran tinggi, termasuk diantaranya adalah getaran yang dihasilkan dari mesin sepeda motor bertenaga besar akan mengganggu kinerja Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF). 

"iPhone Anda dalam getaran amplitudo tinggi dan dalam rentan frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor bertenaga besar dapat menurunkan kinerja sistem kamera," demikian pernyataan resmi Apple dalam laman bantuan dikutip Senin (13/9/2021). 

Lebih lanjut, Apple menjelaskan bahwa getaran tinggi dapat merusak gryoscope dan magnet pada OIS serta closed-loop AF. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada kualitas foto dan video yang dihasilkan.

Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone miliknya ke sepeda motor, terutama di bagian stang dan chasis. Seperti diketahui, saat ini banyak pengguna yang melakukan hal tersebut dengan bantuan phone holder atau braket khusus.

Selain itu, alangkah lebih baiknya juga pengguna sebisa mungkin mengurangi paparan getaran kendaraan ke iPhone mereka. Apabila terpaksa, casing peredam getaran bisa dijadikan solusi.

Sebagai catatan, OIS merupakan teknologi kamera yang berfungsi untuk menghasilkan gambar mulus atau tidak kabur walaupun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone yang keluar setelah iPhone 6.

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan dokus pada subyek foto tidak bergerak. Demikian halnya untuk video dan pengambilan gambar panorama. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Daftar Peraih Penghargaan Emmy, The Queen's Gambit & The Mandalorian Menang Banyak

BERIKUTNYA

CT Value Bukan Penentu Varian Covid-19 Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: