Perpustakaan dan taman baca sudah tersedia hingga desa-desa (dok. foto Skitterphoto dari Pexels)

Sastrawan Gol A. Gong Selenggarakan Safari Literasi

09 September 2021   |   12:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, gerakan dalam membantu meningkatkan minat membaca dan menulis masyarakat di dalam negeri patut diteladani. Duta Baca Indonesia, misalnya, turut berkiprah dalam menyelenggarakan Safari Literasi Duta Baca Indonesia ke beberapa daerah di Pulau Jawa. 

Sastrawan Heri Hendrayana Harris, Duta Baca Indonesia, berharap Safari Literasi ini dapat membuat masyarakat di kampung-kampung makin menyadari bahwa membaca dan menulis adalah sesuatu yang penting. "Selama ini kita selalu mengurusi dari tenggorokan ke perut dan beralamat di toilet, tetapi lupa memikirkan urusan dari tenggorokan ke kepala," katanya kepada Hypeabis.id. 

Sastrawan yang juga dikenal sebagai Gol A. Gong itu menilai alasan tidak mampu membeli buku pada saat ini sudah tidak tepat karena perpustakaan dan taman bacaan masyarakat sudah bertebaran hingga ke desa-desa. Awalnya, akses buku yang sulit dan distribusi buku yang tidak merata karena Indonesia ini negara kepulauan adalah penyebab terbesar minat membaca dan menulis masyarakat yang masih rendah. 

Sekarang, yang menjadi kendala adalah terkait literasi digital atau internet. Generasi Z lebih senang dengan audio visual. Jadi, gerakan Indonesia menulis harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi ini. 

Untuk diketahui, dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Safari Literasi ini terbuka untuk umum, baik individu, sekolah, universitas, Lembaga Swadaya Masyarakat, pegiat literasi, perusahaan, dinas pemerintahan, dan sebagainya. Safari literasi terselenggara bersama dengan Adaro Energy dan Perpunas selain Duta Baca Indonesia.




Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Mulai Hari Ini Twitter Hadirkan Fitur Komunitas

BERIKUTNYA

Khawatir Serangan jantung? Ini 3 Metode Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: