KAI Boyong Karakter IP Lokal untuk Memeriahkan Mudik Lebaran 2025
14 March 2025 |
19:42 WIB
Untuk memeriahkan momen mudik pada Ramadan dan Lebaran 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Elex Media dan Kementerian Ekonomi Kreatif meluncurkan branding tematik yang mengusung karakter lokal ikonik. Karakter dari komik populer akan dihadirkan untuk menemani perjalanan mudik masyarakat.
Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung industri kreatif Indonesia, Elex Media menjadi pihak yang menghadirkan karakter-karakter ikonik dari komik populer yang telah diterbitkannya.
Beberapa karakter yang hadir dalam branding ini antara lain GaJelas karya Jasmine H. Surkatty, Si Bedil karya Seto Buje, dan Tuti and Friends karya RM Fajar. Karakter-karakter ini akan menjadi bagian dari berbagai elemen visual di stasiun-stasiun utama, rangkaian kereta, dan merchandise eksklusif yang dapat diperoleh oleh para penumpang.
Baca juga: 6 Tip Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2025
Sebagai bentuk implementasi dari branding tematik ini, sebanyak 27 stasiun utama di Indonesia termasuk Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng akan menjadi lokasi yang memperkenalkan desain visual kampanye.
Elemen-elemen visual dari branding ini meliputi gate, photo booth, dekorasi gantung, LED motion graphics, hingga livery kereta yang menampilkan karakter-karakter ikonik dari GaJelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends.
Di samping itu, KAI juga menyiapkan berbagai merchandise edisi terbatas bertema Ramadan-Lebaran yang dapat diperoleh para penumpang selama periode mudik.
Dengan desain yang ceria dan penuh warna, branding tematik ini diharapkan dapat menambah keceriaan perjalanan mudik, memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi penumpang, serta membawa sentuhan nostalgia dan humor khas Indonesia dalam suasana Lebaran.
Peluncuran branding tematik ini dihadiri oleh Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Irene Umar, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, General Manager Publishing Gramedia, ahyu Raharjo, serta para kreator komik yaitu Jasmine H. Surkatty sebagai kreator GaJelas, dan Seto Buje sebagai kreator Si Bedil.
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan kolaborasi ini tidak hanya bertujuan untuk mempercantik stasiun dan rangkaian kereta, tetapi juga mengangkat kreativitas lokal ke tingkat yang lebih luas.
"Harapannya, inisiasi ini dapat terus berkembang dan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, inovatif, dan berdaya saing,” ujarnya.
Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya mengatakan, kolaborasi ini mendorong kreator IP lokal agar makin dikenal, dicintai, dan mendunia. Teuku merasa banyak kreativitas anak bangsa mulai dari komik, musik, game development, film animasi, fesyen, kuliner dan sebagainya yang perlu kolaborasi dukungan antara pemerintah dan masyarakat.
"Kami meyakini bahwa ekonomi kreatif bisa menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional dan membuka lapangan pekerjaan kualitas bagi generasi muda," katanya.
Senada, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Irene Umar menyebutkan bahwa kolaborasi ini merupakan dukungan terhadap kreasi anak bangsa melalui IP lokal, yang ke depannya diharapkan dapat menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung ekonomi Indonesia.
Puncak acara ditandai dengan seremoni penyerahan mockup komik bertema Tipe Pemudik oleh Jasmine H. Surkatty dan Seto Buje kepada Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar. Selanjutnya, mockup tersebut diserahkan kepada Direktur Utama PT KAI sebagai simbol kolaborasi antara industri kreatif dan sektor transportasi publik.
Kolaborasi ini juga memiliki misi untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, kreatif, dan berdaya saing. Keberadaan karakter-karakter yang dekat dengan keseharian masyarakat diharapkan dapat membuat perjalanan mudik pada Ramadan dan Lebaran 2025 menjadi lebih seru, penuh makna, dan berkesan bagi semua penumpang.
Baca juga: Cek Daftar Tarif Parsial Kereta Api Jakarta-Bandung
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung industri kreatif Indonesia, Elex Media menjadi pihak yang menghadirkan karakter-karakter ikonik dari komik populer yang telah diterbitkannya.
Beberapa karakter yang hadir dalam branding ini antara lain GaJelas karya Jasmine H. Surkatty, Si Bedil karya Seto Buje, dan Tuti and Friends karya RM Fajar. Karakter-karakter ini akan menjadi bagian dari berbagai elemen visual di stasiun-stasiun utama, rangkaian kereta, dan merchandise eksklusif yang dapat diperoleh oleh para penumpang.
Baca juga: 6 Tip Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2025
Sebagai bentuk implementasi dari branding tematik ini, sebanyak 27 stasiun utama di Indonesia termasuk Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng akan menjadi lokasi yang memperkenalkan desain visual kampanye.
Elemen-elemen visual dari branding ini meliputi gate, photo booth, dekorasi gantung, LED motion graphics, hingga livery kereta yang menampilkan karakter-karakter ikonik dari GaJelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends.
Di samping itu, KAI juga menyiapkan berbagai merchandise edisi terbatas bertema Ramadan-Lebaran yang dapat diperoleh para penumpang selama periode mudik.
Dengan desain yang ceria dan penuh warna, branding tematik ini diharapkan dapat menambah keceriaan perjalanan mudik, memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi penumpang, serta membawa sentuhan nostalgia dan humor khas Indonesia dalam suasana Lebaran.
Peluncuran Branding Tematik KAI Ramadan-Lebaran 2025 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan kolaborasi ini tidak hanya bertujuan untuk mempercantik stasiun dan rangkaian kereta, tetapi juga mengangkat kreativitas lokal ke tingkat yang lebih luas.
"Harapannya, inisiasi ini dapat terus berkembang dan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, inovatif, dan berdaya saing,” ujarnya.
Peluncuran Branding Tematik KAI Ramadan-Lebaran 2025 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)
"Kami meyakini bahwa ekonomi kreatif bisa menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional dan membuka lapangan pekerjaan kualitas bagi generasi muda," katanya.
Senada, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Irene Umar menyebutkan bahwa kolaborasi ini merupakan dukungan terhadap kreasi anak bangsa melalui IP lokal, yang ke depannya diharapkan dapat menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung ekonomi Indonesia.
Puncak acara ditandai dengan seremoni penyerahan mockup komik bertema Tipe Pemudik oleh Jasmine H. Surkatty dan Seto Buje kepada Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar. Selanjutnya, mockup tersebut diserahkan kepada Direktur Utama PT KAI sebagai simbol kolaborasi antara industri kreatif dan sektor transportasi publik.
Kolaborasi ini juga memiliki misi untuk menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, kreatif, dan berdaya saing. Keberadaan karakter-karakter yang dekat dengan keseharian masyarakat diharapkan dapat membuat perjalanan mudik pada Ramadan dan Lebaran 2025 menjadi lebih seru, penuh makna, dan berkesan bagi semua penumpang.
Baca juga: Cek Daftar Tarif Parsial Kereta Api Jakarta-Bandung
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.