Fairfax Breakfast Sandwich. (Dok. Situs resmi EggSlut)

Resep Fairfax Breakfast Sandwich ala Restoran Amerika, Mudah & Enak!

05 September 2021   |   07:46 WIB

Sandwich berisi telur merupakan salah satu menu sarapan atau menu brunch yang mudah dibuat dan umum dikonsumsi. Sebagian dari kalian memilih telur dadar sebagai isian, tapi ada juga telur orak arik atau omelet sebagai opsi lainnya.

Meski sandwich ini umum di berbagai belahan dunia, tapi ada satu jenis sandwich telur yang sedang populer baru-baru ini. Dinamakan sebagai Fairfax Breakfast Sandwich, makanan yang datang dari restoran EggSlut dari Los Angeles, Amerika Serikat, ternyata terinspirasi dari sandwich telur yang populer di Korea Selatan lho!

Dengan rasa lembut dari telur dan keju dengan tambahan potongan daun bawang dan rasa pedas dari saus mayonais pedas, yuk coba buat versi rumahan dari sandwich ini dari situs Cookerru dan Grilled Cheese Social.

Baca jugaYuk Coba Resep Lemongrass Chicken Banh Mi, Submarine Sandwich ala Vietnam
 

Fairfax Breakfast Sandwich versi rumahan. (Dok. Cookerru)

Fairfax Breakfast Sandwich versi rumahan. (Dok. Cookerru)

Bahan-bahan

3 sdm mentega tawar, pisahkan
1 sdm minyak goreng
1 buah bawang bombay, iris
59 ml air putih
3 butir telur besar
2 sdm daun bawang, iris tipis
2 sdm mayonais
1 sdm sambal (bisa Sriracha atau saus lain)
1 buah roti brioche, potong jadi dua bagian (alternatif: dua lembar roti tawar, 1 croissant atau roti bagel yang dibelah dua)
1 lembar keju cheddar
garam dan lada untuk perasa


Cara membuat

1. Saus: Campurkan mayonais dan saus sambal dengan perbandingan 2:1, lalu aduk rata. Jika ingin menambahkan rasa pedas, tambahkan bubuk cabai atau bubuk paprika secukupnya.

2. Bawang karamel: Panaskan minyak dengan api sedang dan masukkan irisan bawang. Tambahkan garam dan satu sendok makan mentega ke dalam campuran bawang bombay dan sebarkan menjadi satu lapisan. Kecilkan api dan aduk terus sampai bawang menjadi lembut dan berwarna kuning keemasan. Tambahkan sedikit air dan masak sampai bawang berwarna karamel. Sisihkan.

3. Telur orak arik: Kocok telur di dalam sebuah mangkuk, lalu masukkan satu sendok makan mentega ke dalam teflon yang dipanaskan di api kecil sampai sedang. Tuangkan telur ke dalam panci dengan mentega leleh, lalu aduk perlahan menggunakan spatula sampai terbentuk gumpalan. Tambahkan garam dan daun bawang dan masak sampai telur mulai matang dan belum kering. Sisihkan.

4. Bakar roti yang sudah diberi mentega di kedua sisi sampai berwarna kuning keemasan. Ketika satu sisi sudah mulai menguning, balik roti dan mulai tata isiannya dari saus, telur, keju, bawang karamel, dan tutup dengan selembar roti yang sudah dibakar. Sajikan sesegera mungkin.

Baca jugaYuk Coba Camilan Sandwich Khas Taiwan yang Unik Ini

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Leani Ratri-Khalimatus Sadiyah Sabet Emas di Paralimpiade

BERIKUTNYA

Mark Tuan hingga NIKI Hadir dalam Album Soundtrack Film Shang-Chi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: