Ilustrasi jajaran seri iPhone 12 (dok: Unsplash/Denis Cherkashin)

iPhone 13 Gagal Rebut Hati Pengguna Android, Ini Penyebabnya

02 September 2021   |   12:48 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kehadiran iPhone generasi terbaru setiap tahunnya tentu saja selalu dinanti, tidak hanya oleh penggemar setianya tetapi juga oleh pengguna Android. Selama ini, tak sedikit pengguna Android yang memutuskan untuk berpaling setelah iPhone generasi terbaru meluncur di pasaran.

Namun, hal itu nampaknya tak akan terulang kembali pada tahun ini. Karena sebuah survei menunjukkan bahwa iPhone generasi terbaru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat atau iPhone 13 tidak begitu diminati oleh pengguna Android.

Tentu saja ini menjadi sebuah pertanyaan. Mengingat iPhone 12 dan iPhone SE 2020 yang diluncurkan tahun lalu sukses mencuri hati pengguna Android.

Khusus untuk iPhone SE 2020, tentu saja harga yang terjangkau, performa, dan dukungan pembaruan sistem operasi hingga lima tahun ke depan menjadi faktor utama yang menarik minat pengguna Android. Walaupun modelnya terbilang ketinggalan zaman lantaran mengadopsi model yang sama dengan iPhone 8, iPhone SE 2020 dibekali dengan chipset yang sama dengan iPhone 11, yakni A13 Bionic.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh situs jual beli ponsel SellCell, dikutip Kamis (2/9/2021), hanya 18,3 persen pengguna Android yang berencana untuk membeli iPhone 13 sementara 81,7 persen lainnya mengaku tidak tertarik.

Angka tersebut turun sekitar 14,8 persen dibandingkan dengan survei yang dilakukan oleh SellCell tahun lalu saat Apple meluncurkan iPhone 12. iPhone 12 Mini menjadi pilihan paling populer dengan perolehan survei sebanyak 48,1 persen, disusul iPhone 12 Pro Max dengan 22,9 persen, iPhone 12 Pro di angka 18,1 persen, dan iPhone 12 Max sebesar 10,9 persen.

Sebagai catatan, survei SellCell tahun ini dilakukan pada 5.000 responden pengguna Android di Amerika Serikat (AS).

Alasan yang diungkapkan oleh responden survei cukup beragam. Namun, alasan yang paling banyak diungkapkan adalah absennya sensor sidik jari atau Touch ID.

Sebanyak 31,9 persen responden mengatakan tidak adanya fitur tersebut menjadi alasan ketidatertarikan mereka untuk beralih ke iPhone 13. Tentunya alasan ini tak terlepas dari penggunaan masker akibat pandemi Covid-19 yang menyulitkan penggunaan fitur pemindaian wajah atau Face ID.

Alasan kedua terbanyak yang diungkapkan oleh  16,7 persen responden menyebut iOS terbaru hanya menawarkan sedikit pembaruan dan sulit dikustomisasi. Seperti diketahui, Apple akan meluncurkan iOS 15 berbarengan dengan peluncuran iPhone 13.

Kemudian 12,8 persen responden mengaku tak tertarik lantaran Apple tak kunjung menghadirkan fitur instalasi aplikasi menggunakan file atau sideloading. Hal itu sebenarnya bukan tanpa alasan, kebijakan itu diterapkan oleh Apple untuk menjaga keamanan bagi penggunanya.

Masalah kekuatan bodi juga menjadi alasan pengguna Android untuk hijrah ke iPhone. Sebanyak 12,1 responden menyebut sebagian ponsel Android punya bodi yang lebih kuat.

Alasan lain yang juga dilontarkan adalah pemindaian foto iCloud yang mengganggu (10.4 persen), mahalnya harga iPhone (4,5 persen) hingga Google Assistant yang diklaim lebih baik ketimbang Siri (2,6 persen).

Sementara itu, ketika ditanya mengenai preferensi model yang kemungkinan akan dibeli atau diinginkan, sebanyak 39,8 responden menyatakan akan memilih iPhone 13 Pro Max.Angka ini mengalahkan model iPhone 13 biasa dengan persentase 36,1 persen. Selanjutnya, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 min masing-masing 19,5 persen dan 4,6 persen.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Selain One the Woman, SBS Bocorkan 2 Judul Serial Drama yang Tayang Tahun Ini

BERIKUTNYA

Unik, Game Sosial Ini Pakai Teknologi Berbasis Blockchain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: