Ilustrasi data pribadi (dok. Pexels)

Kominfo Investigasi Dugaan Kebocoran Data Pribadi eHAC

01 September 2021   |   18:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika menindaklanjuti dugaan kebocoran data pribadi pengguna aplikasi Indonesia Health Alert Card atau eHAC sesuai amanat PP No. 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) serta peraturan perundangan lainnya.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menerangkan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk merespons dugaan kebocoran data pribadi tersebut.

Adapun berdasarkan hasil penelusuran sementara dari Kementerian Kesehatan, terdapat dugaan kebocoran data pada aplikasi eHAC lama yang sudah dinonaktifkan sejak 2 Juli 2021.

"Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Kementerian Kominfo bersama dengan pihak-pihak terkait akan melanjutkan investigasi lebih mendalam terhadap dugaan insiden kebocoran data pribadi pada aplikasi eHAC," ujarnya dikutip dari siaran pers, Rabu (1/9/2021).

Sementara itu, Dedy menyebut dugaan insiden kebocoran data pribadi ini tidak mempengaruhi keamanan data pada aplikasi eHAC yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, di mana penyimpanan data telah dilakukan di Pusat Data Nasional (PDN).

Kementerian Kominfo dan BSSN pun telah menyampaikan beberapa poin untuk ditindaklanjuti oleh Kementerian Kesehatan, terutama terkait dengan keamanan sistem elektronik, pencegahan insiden yang lebih besar, tanggung jawab hukum, dan kepatuhan terhadap aturan pelindungan data pribadi.

"Kementerian Kominfo mengimbau seluruh pengelola dan wali data untuk menjaga data pribadi masyarakat secara serius, baik dalam hal teknologi, tata kelola, maupun sumber daya manusia," tegasnya.

Di sisi lain, Dedy meminta masyarakat atau pihak terkait bisa segera melaporkan apabila terjadi dugaan pengaduan data pribadi ke email [email protected] dan kanal aduan lain yang telah disediakan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Intip Jersey Baru PERSIB & 8 Fiturnya yang Dukung Performa Pemain

BERIKUTNYA

Angkat soal Customer Experience, Tokopedia Adakan START CX First Summit 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: