Jajaran seri iPhone 12 (dok: Unsplash/Onur Binay)

Mau Beli iPhone Baru Sekarang? Simak Dulu Penjelasan Ini

01 September 2021   |   16:31 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Tak bisa dimungkiri, iPhone tak bisa dipandang hanya sebagai ponsel pintar untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, ponsel pintar besutan Apple itu dianggap sebagai penanda status sosial seseorang. Tak jarang seseorang rela berhemat mati-matian atau bahkan berutang agar bisa membeli iPhone impiannya. 

Bagi kalian yang benar-benar membutuhkannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, utamanya pekerjaan dan mengesampingkan gengsi, tentu saja iPhone generasi lama yang masih dijual secara resmi layak jadi pilihan. 

Saat ini, iPhone generasi lama yang masih dijual resmi di Indonesia adalah seri iPhone 11, iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone SE 2020. Dalam waktu dekat seri iPhone 12 juga akan berstatus usang karena iPhone 13 akan segera dirilis. 

Namun, alangkah baiknya kalian tak terburu-buru membelinya sekarang jika masih mempertimbangkan kondisi keuangan. Pasalnya, saat ini ternyata bukanlah waktu yang tepat untuk membeli iPhone.

Pendiri dan pemerhati gawai dari Komunitas Gadtotrade, Lucky Sebastian, mengatakan bahwa mereka yang berencana membeli iPhone generasi lama setidaknya perlu bersabar sampai dengan peluncuran iPhone 13. Sebab, kemungkinan besar setelah peluncuran iPhone generasi terbaru itu, harga iPhone generasi sebelumnya akan dipangkas oleh Apple sekitar US$100.

"September dirilis, biasanya setelah itu harga iPhone lama akan dipangkas sampai dengan US$100. Tentu saja itu potongannya besar. Jadi jika memang belum benar-benar membutuhkan bersabar dahulu," katanya kepada Hypeabis belum lama ini. 

Lebih lanjut, menurut Lucky sebenarnya harga iPhone generasi lama di pasaran saat ini juga sudah mengalami penurunan. Distributor resmi iPhone di Indonesia yakni Erajaya Group (iBox) dan Mitra Adiperkasa/MAP (Digimap) terlihat sudah memberikan diskon atau potongan harga untuk beberapa seri iPhone, tak terkecuali iPhone 12.

Walaupun demikian, diskon atau potongan harga yang diberikan tentunya bakal lebih besar setelah iPhone generasi terbaru dirilis atau dijual secara resmi di Indonesia. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai hal teresbut.

Namun yang jelas, biasanya iPhone generasi terbaru baru akan dijual resmi di pasar Indonesia berselang tiga sampai dengan empat bulan setelah perilisannya secara global.

"Intinya bersabar dulu saja kalau mau dapat harga yang lebih murah. Tetapi biasanya pengguna iPhone ini tak begitu mempermasalahkan harga. Terbukti dari penjualan iPhone generasi lama, khususnya seri iPhone 12 yang masih tinggi," tuturnya.

Sebagai catatan, Perusahaan analisis teknologi Counterpoint Research sebelumnya melaporkan bahwa seri iPhone 12 telah menjadi ponsel paling sukses dari jajaran ponsel pintar Apple sejak iPhone 6. iPhone 12 mencatat penjualan 100 juta unit di seluruh dunia per April 2021 lalu.

Angka tersebut dicapai Apple hanya dalam waktu tujuh bulan setelah iPhone 12 dirilis pada Oktober 2020 lalu. Sementara, seri sebelumnya, iPhone 11, membutuhkan waktu lebih lama dua bulan untuk mencapai angka tersebut—sama dengan iPhone 6. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Serial Drama Korea yang Akan Hadir September 2021

BERIKUTNYA

Heron Preston dan Mercedez Benz Kolaborasi Daur Ulang Airbag

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: