David Harris sebagai Cochise (kiri) dalam film The Warriors (Sumber Foto: Imdb)

Profil dan Rekam Jejak Aktor David Harris, Pemeran Cochise di Film Klasik The Warriors

28 October 2024   |   09:37 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Aktor David Harris yang terkenal lewat perannya sebagai Cochise dalam film klasik The Warriors (1979), telah berpulang pada usianya yang ke 75 tahun. Harris mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 25 Oktober 2024 di rumahnya, New York City, Amerika Serikat. 

Kepada New York Times, putrinya, Davina menyampaikan kabar duka mengenai sang ayah yang meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker. 

Menengok profil dan rekam jejaknya di industri perfilman Hollywood, pria pemilik nama lengkap David Dominic Harris tersebut lahir di New York City pada 18 Juni 1949. Dia bersekolah di High School of Performing Arts. Kala itu, seorang guru bahasa Inggris menyarankannya untuk bergabung dengan jurusan drama. Dari sanalah ketertarikannya pada bidang seni peran mulai tumbuh. 

Baca juga: Rekam Jejak Doc Harris, Pengisi Suara Bahasa Inggris Anime Dragon Ball Z yang Ikonik

Harris banyak membintangi film dan serial televisi Amerika Serikat sebagai aktor pendukung. Umumnya berperan sebagai polisi dan personel militer.

Peran pertamanya, yakni sebuah film pada 1976 berjudul Judge Horton and the Scottsboro Boys, di mana dia berperan sebagai Haywood Patterson. Setahun kemudian pada 1977, dia berperan dalam serial televisi Secret Service yang dibintangi Meryl Streep dan John Lithgow. 

Namanya mulai melejit setelah membintangi The Warriors (1979), film garapan sutradara Walter Hill yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sol Yurick yang diterbitkan pada 1965. 

The Warriors mengisahkan petualangan para gangster, yakni geng The Warriors di jalanan Kota New York. Ciri khas para anggotanya adalah kerap mengenakan rompi kulit merah maroon tua seperti Suku Indian, dengan logo geng mereka di punggung. 

Geng The Warriors yang dipimpin oleh Cleon (Dorsey Wright) dan beranggotakan Cochise (David Harris) serta lainnya, hendak mendatangi pertemuan besar antar geng yang diinisiasi oleh Cyrus di Van Cortlandt Park, daerah Bronx, kota New York. Pertemuan besar tersebut mengundang seluruh gangster dari berbagai wilayah Amerika.

Di tengah acara, beberapa mobil polisi mulai berdatangan untuk menyergap. Luther (David Patrick Kelly), pemimpin geng Rogues tiba-tiba menembak mati Cyrus di tengah kerumunan. Dalam keadaan panik, Cleon yang berdiri di dekat penembakkan difitnah oleh Luther, sehingga dia jadi tersangka pembunuhan Cyrus.

Semua geng memburu Cleon dan anggota The Warriors, mereka langsung melarikan diri ke markasnya di Coney Island, New York. Film ini akan memperlihatkan bagaimana perjuangan The Warriors membersihkan nama baik pemimpin mereka dari fitnah dan memperkuat solidaritas antar anggotanya. 

Dalam wawancaranya pada 2019 dengan ADAMICradio, David Harris tak menyangka akan kesuksesan The Warriors. Sebelumnya, film ini sempat mendapat kritik pedas setelah pemutaran perdananya. Akan tetapi mulai diterima oleh orang-orang dan sekarang mendapat skor 88 persen di Rotten Tomatoes. 

"Saya telah membintangi banyak film, tetapi begitu turun dari pesawat di Hong Kong, Filipina, dan Tokyo, orang-orang berkata, itu orang dari The Warriors," katanya. 

Selain The Warriors, Harris muncul dalam film-film sepanjang era 1980-an, 1990-an, dan 2000-an, termasuk Brubaker, A Soldier's Story, Quicksilver, dan James White. Begitupun dengan serial televisi, dia muncul dalam beberapa episode Law & Order, Law & Order: Special Victims Unit, NYPD Blue, ER, Profiler, dan Mike Hammer: Private Eye. 

Baca juga: Meninggal Pada Usia 90 tahun, Intip Profil Nobuyo Oyama Pengisi Suara Doraemon yang Abadi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U17 2025 Usai Imbang Melawan Australia

BERIKUTNYA

AMI Bagikan Kiat Sukses Bikin Museum Jadi Modern, Saran Buat Menteri Kebudayaan Fadli Zon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: