Logo Hari Sumpah Pemuda ke-96 (Sumber Foto: Kemenpora)

Tema dan Makna Logo Hari Sumpah Pemuda ke-96, Maju Bersama Indonesia Raya

25 October 2024   |   14:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tidak lama lagi, seluruh masyarakat Indonesia di penjuru Tanah Air akan memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2024. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, telah meluncurkan Logo dan tema Hari Sumpah Pemuda ke-96.

Puncak acara peringatan HSP ke-96 akan digelar pada 28 Oktober 2024 di anjungan rumah adat Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mengusung tema besar yakni Maju Bersama Indonesia Raya

Dito Ariotedjo menyampaikan pentingnya momentum ini sebagai awal dari sebuah gerakan besar yang dipelopori oleh para pemuda untuk mewujudkan bangsa yang kuat dan berdaya saing.

"Hari ini adalah momen istimewa. Ini bukan sekadar seremonial, tetapi awal dari sebuah transformasi besar. Pemuda Indonesia harus siap menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar Dito, mengutip laman resmi Kemenpora, Jumat (25/10/2024). 

Baca juga: Rekomendasi 5 Film untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Ada Kadet 1947 hingga 3 Srikandi

Lebih lanjut dia memaparkan, semangat Merah Putih harus terus berkibar dalam setiap jiwa pemuda Indonesia. Pastikan juga semangat tersebut tidak hanya tumbuh, tetapi juga diberdayakan dan dikembangkan seoptimal mungkin. "Ini mencakup penguatan kepribadian, wawasan, potensi kewirausahaan, inovasi, kemandirian, serta jiwa kepeloporan dan kepemimpinan," imbuhnya.

Adapun logo HSP ke-96 menggambarkan tiga pemuda dengan warna berbeda memegang bendera merah putih yang berkibar ke atas. Tulisan dibawahnya, yakni 96 Tahun Sumpah Pemuda dan tema Maju Bersama Indonesia Raya menunjukkan tahun dan tema peringatannya pada periode ini. 

Tiga pemuda yang melambangkan keragaman Indonesia memaknai pemuda yang tumbuh dengan semangat tak terbendung untuk maju bersama untuk Indonesia raya. Berikut filosofi yang terkandung dalam Logo HSP ke-96:
  • Ragam Pemuda, tiga pemuda dengan warna berbeda mewakili keberagaman yang mampu maju bersama untuk Indonesia Raya.
  • Merah Putih Dinamis, mewakili Indonesia yang bergerak dinamis menuju kemajuan bangsa dan keemasan Indonesia.
  • Lompatan Tertinggi, posisi para pemuda yang melompat menunjukkan kemampuan pemuda untuk memacu Indonesia ke tempat lebih tinggi.
  • Cornsilk, warna seperti serabut jagung menandakan usia pemuda yang masih "seumur jagung" namun menjadi sumber kehidupan.
  • Emas Muda, warna mewakili potensi emas pemuda Indonesia untuk keberlangsungan bangsa di masa mendatang.
  • Emas, representasi harapan menuju Indonesia Emas 2045. 
Baca juga: Inspirasi Outfit Kebaya untuk Rayakan Hari Sumpah Pemuda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Harga Tiket Fan Meeting Jung Hae-in di Jakarta 7 Desember 2024

BERIKUTNYA

Healing Sembari Mengasah Kreativitas Lewat Workshop Soft Clay di Pertamina SMEXPO 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: