Rose BLACKPINK menyedot perhatian penikmat musik global lewat single kolaborasinya bersama Bruno Mars, APT. (Sumber gambar: The Black Label/X)

Puncaki Tangga Lagu, Ini Makna di Balik Lagu APT. Rosé BLACKPINK & Bruno Mars

24 October 2024   |   17:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rose BLACKPINK menyedot perhatian penikmat musik global lewat single kolaborasinya bersama Bruno Mars, APT. Belum ada seminggu sejak dirilis pada 18 Oktober 2024, lagu APT. telah bertengger di puncak beberapa daftar tangga lagu global. Begitupun dengan video klipnya yang telah ditonton jutaan orang.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, lagu APT. mendominasi sejumlah platform streaming musik utama Korea Selatan seperti Melon, Genie, Bugs, dan Vibe.

Baca juga: Rosé BLACKPINK Umumkan Kolaborasi dengan Bruno Mars lewat Single APT.

Lagu tersebut juga berada di puncak tangga lagu Global Top 50 Spotify hingga hari ini, Kamis (24/10/2024), menjadikan Rosé sebagai solois wanita Korea pertama yang menempati posisi No. 1 di tangga lagu tersebut.
 


Begitu pula dengan video musiknya. Soompi melaporkan bahwa video klip single APT. telah mencapai 100 juta penayangan di YouTube per 23 Oktober 2024. Hanya perlu waktu sekitar lima hari dan tiga jam bagi video klip APT. untuk mencapai jumlah penayangan fantastis tersebut.

Capaian ini tidak hanya menjadikan APT. sebagai video musik artis K-Pop tercepat yang mencapai 100 juta penayangan pada 2024, tetapi juga menjadi yang tercepat secara keseluruhan untuk semua video musik yang dirilis tahun ini.

Kepopuleran APT. juga terjadi di sejumlah platform media sosial. Lebih dari 400.000 video telah diunggah menggunakan tagar "#apt" di platform TikTok. Banyak warganet di seluruh dunia mengunggah video dengan menggunakan musik tersebut, sambil menirukan koreografi dari video klip APT.
 


Sebagian dari Genhype mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya makna dari lagu APT?

Makna Lagu APT.

Lagu APT. yang dibaca 'apateu' dalam bahasa Korea, merujuk pada salah satu budaya minum di Negeri Ginseng yakni "Permainan Apartemen". Dikutip dari The Korea Times, dalam permainan apartemen, para pemain yang terlibat akan menumpuk tangan mereka bersama-bersama, dan salah satu menjadi pemimpin untuk menyebut sebuah angka.

Para pemain kemudian akan menarik tangan mereka satu per satu, mulai dari bawah. Jika seseorang menarik tangan mereka pada angka yang disebutkan pemimpin, atau jika mereka mengulang angka yang sudah disebutkan, mereka harus minum sebagai hukuman.

"APT. sebenarnya adalah permainan minum Korea favorit saya yang saya mainkan bersama teman-teman di rumah. Permainan ini sangat sederhana, membuat Anda tersenyum dan mencairkan suasana di pesta mana pun," kata Rose.
 


Rose bercerita bahwa lagu inspirasi pembuatan lagu APT. berawal ketika dia mengajari beberapa krunya di studio untuk memainkan permainan apartemen. Semua orang pun terkesan dengan permainan minum tersebut, hingga akhirnya menginspirasinya untuk membuat lagu dari permainan tersebut.

"Suatu malam di studio, saya mengajari kru saya cara memainkan permainan itu. Semua orang terpesona, terutama saat saya mulai melantunkannya, jadi kami mencoba-cobanya. Saya berkata kami harus membuat sebuah lagu darinya [permainan itu], dan setelah Bruno Mars bergabung dalam lagu itu, sisanya menjadi sejarah," kata penyanyi berusia 27 tahun itu.

Single APT. akan menandai perilisan pertama Rose sejak mengumumkan album penuh perdananya bertajuk Rosie, yang dijadwalkan rilis pada 6 Desember 2024, pada 1 Oktober 2024 lalu.

Berisikan 12 lagu, album ini akan menandai perilisan solo pertamanya sejak meninggalkan YG Entertainment dan Interscope Records pada 2023, dengan menandatangani kontrak dengan The Black Label pada Juni 2024.

Sementara itu, single APT. menandai perilisan pertama Bruno Mars setelah berduet dengan Lady Gaga dalam single Die with a Smile, yang dirilis pada 16 Agustus 2024.

Lagu itu pun menuai respons positif di kalangan penikmat musik global. Die with a Smile berada di posisi ketiga Billboard Hot 100 dan memuncaki tangga lagu Billboard Global 200 selama tujuh minggu berturut-turut.

Baca juga: Rosé BLACKPINK Siap Comeback Solo Setelah 3 Tahun, Rilis Album Rosie 6 Desember 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mimpi Indonesia Bersih, Mengapa Kesadaran Lingkungan Sulit Bertahan?

BERIKUTNYA

Asosiasi UMKM Dukung Kebijakan Kredit Scoring, Tapi Ingatkan Implementasi di Lapangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: