Presiden RI Joko Widodo menyantap Soto Solo bersama keluarga. (Sumber foto: Setkab)

6 Menu Makanan Favorit Presiden Joko Widodo

07 October 2024   |   15:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hampir mencapai akhir setelah dua periode memimpin Indonesia. Pria yang mengawali karier politiknya sebagai Wali Kota Surakarta dan kemudian menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini dikenal memiliki beberapa makanan favorit.

Sebelum menjabat sebagai presiden, Jokowi yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, berhasil memimpin kota kelahirannya dengan baik, sehingga dipercaya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tak lama kemudian, ia diusung oleh partainya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Indonesia. Dengan dukungan rakyat, ia berhasil memenangkan pemilu dan menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Baca juga: Makanan Favorit Presiden Indonesia dari Sukarno hingga Jokowi

Lima tahun berlalu, Jokowi kembali maju dalam pemilihan presiden dan sekali lagi berhasil memenangkan hati rakyat Indonesia, memperpanjang masa jabatannya untuk periode kedua. Namun, tahun ini menjadi penanda akhir masa kepemimpinannya sebagai presiden.

Sepanjang perjalanannya sebagai pemimpin, Jokowi dikenal sering blusukan ke berbagai daerah di Indonesia. Di setiap kunjungannya, ia kerap menikmati beragam makanan tradisional yang menjadi favoritnya. Makanan-makanan tersebut mencerminkan kecintaannya pada kekayaan kuliner Nusantara yang beraneka ragam.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar makanan kesukaan Joko Widodo:


1. Nasi Goreng

Makanan kesukaan Jokowi adalah nasi goreng. Dalam laman Sekretariat Kabinet, salah satu juru masak Istana mengungkapkan bahwa nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit orang nomor satu di Indonesia itu. Saat bermalam di Ibu Kota Nusantara, Jokowi memesan nasi goreng jawa sama telur meskipun terdapat sejumlah menu baru yang disuguhkan.

Nasi goreng adalah hidangan yang memiliki bahan utama nasi dengan bumbu-bumbu sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, garam, penyedap rasa, dan telur. Nasi digoreng dengan bumbu-bumbu tersebut sampai merata. Beberapa pembuat nasi goreng juga kerap menyematkan kecap. Namun, beberapa lainnya tidak menggunakan kecap.


2. Soto

Soto menjadi hidangan favorit Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia yang menjabat dari 2014 sampai 2024 itu tercatat kerap mampir di sejumlah tempat makan yang menjajakan menu soto. Tidak hanya itu, Jokowi juga memiliki sejumlah tempat makanan langganan untuk menyantap soto di Surakarta. Salah satu di antaranya adalah Soto Triwindu di Kampung Keprabon, Banjarsari.


3. Sate

Satu juga menjadi salah satu makanan favorit sang presiden. Pria yang lahir pada 1961 itu juga tercatat kerap menyantap makanan dengan bahan utama daging tersebut. Salah satu sate yang kerap disantap oleh Jokowi adalah sate buntel. Jokowi juga disebut-sebut memiliki warung sate buntel langganan di Surakarta, Jawa Tengah. Dia kerap memesan sate dari tempat makan tersebut saat masih menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.


4. Gudeg

Bagi masyarakat Jawa, gudeg adalah sajian ikonik yang digemari banyak kalangan, termasuk Jokowi. Hidangan khas berasa manis ini terbuat dari nangka muda yang dimasak hingga legit. Ketika berada di Yogyakarta atau Solo, beliau tak pernah melewatkan kesempatan untuk mampir di rumah makan favoritnya yang terkenal dengan gudeg istimewa.


5. Tempe & Tahu Bacem

Tempe dan tahu bacem ternyata jadi salah satu hidangan favorit Jokowi. Hidangan manis yang sering menghiasi meja makan orang nomor satu di Indonesia ini tak pernah absen memanjakan lidahnya. Olahan sederhana berbumbu gula merah ini selalu hadir dalam setiap waktu makan, memberikan sentuhan manis yang tak terlupakan.


6. Ayam Goreng

Presiden Jokowi punya satu restoran andalan yang kerap dia datangi setiap kembali ke kota Solo. Dalam beberapa agenda ke kota kelahirannya ini, dia selalu menikmati salah satu menu favoritnya, ayam goreng, di Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto "Tembel" di Sukoharjo.

Sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi sering mengunjungi rumah makan yang berdiri sejak akhir 1960-an. Tempat makan yang sederhana, dengan meja dan kursi kayu khas warung tradisional, kini dikelola oleh generasi kedua, putra pertama Mbah Karto. Setiap kali berkunjung, Jokowi selalu memesan menu andalannya, ayam goreng yang disajikan dengan sambel blondho, sambal hitam yang menjadi ciri khas rumah makan tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film Home Sweet Loan Tembus 1 Juta Penonton dalam 11 Hari Penayangan

BERIKUTNYA

Prospek Karier Lulusan Arsitektur di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: