Perkedel (Sumber Foto: Freepik)

5 Resep Perkedel Selain dari Kentang dan Jagung, Bisa Pakai Sayuran

03 October 2024   |   19:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perkedel adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari kata frikadeller dalam bahasa Belanda, artinya bola daging giling yang dipadatkan dan digoreng. Perkedel menggunakan bahan dasar kentang yang dihaluskan.

Kentang kemudian dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti daging cincang, daun bawang, dan bumbu penyedap. Adonannya kemudian dibentuk bulat pipih, dicelupkan ke dalam kocokan telur, lalu digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Baca Juga: Resep Fish and Chip, Makanan Khas Inggris yang Lezat & Renyah

Perkedel sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Makanan ini biasa ditemukan di warteg dan rumah makan padang. Meskipun umumnya terbuat dari kentang, perkedel bisa menggunakan bahan dasar lainnya seperti tahu tempe dan sayuran. Berikut beberapa resepnya.
 

1. Perkedel Tahu

Untuk membuat perkedel tahu, haluskan 200 gram tahu putih yang sudah direbus, lalu campurkan dengan 2-3 butir telur, 3 sendok makan tepung terigu, dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, dan merica sesuai selera. 

Aduk rata hingga adonan bisa dipadatkan, lalu bentuk menjadi bulatan pipih, kemudian goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan, lalu sajikan hangat-hangat dengan sambal atau saus favorit.
 

2. Perkedel Tempe

Cara membuat perkedel tempe, yakni haluskan sekitar 250 gram tempe yang sudah dikukus, kemudian campurkan dengan satu butir telur, tiga sendok makan tepung terigu, dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan merica.

Setelah semua bahan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulatan pipih. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng perkedel hingga berwarna keemasan dan garing. Angkat dan tiriskan sebelum disajikan. 
 

3. Perkedel Singkong


Kukus 300 gram singkong hingga empuk, lalu haluskan sampai menjadi adonan lembut. Campurkan singkong halus dengan satu butir telur, dua sendok makan tepung terigu, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan merica..

Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu bentuk adonan bulat atau sesuai selera. Goreng perkedel sampai berwarna keemasan dan bagian luarnya garing. Setelah matang, angkat dan tiriskan sebelum disajikan. Perkedel singkong memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, cocok dijadikan camilan.
 

4. Perkedel Buncis

Buncis juag bisa menjadi alternatif bahan dasar perkedel yang sehat dan kaya nutrisi. Cara membuatnya, pertama cincang halus 150 gram buncis yang sudah direbus, lalu campurkan dengan dua butir telur, tiga sendok makan tepung terigu, dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan merica. Aduk dan bentuk adonan menjadi bulat. 

Selanjutnya adonan digoreng dalam minyak panas hingga kecokelatan, lalu angkat dan sajikan. Perkedel buncis ini memiliki rasa yang segar dan tekstur yang kenyal, cocok sebagai lauk atau camilan sehat.
 

5. Perkedel Bayam

Cara membuat bayam, yakni rebus 100 gram bayam sampai layu, lalu cincang halus. Campurkan bayam dengan dua butir telur, tiga sendok makan tepung terigu, dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan merica. Aduk adonan sampai rata, lalu bulatkan. 

Goreng adonan dalam minyak panas sampai kecokelatan. Perkedel bayam bisa menjadi alternatif camilan sehat yang kaya serat, serta mampu memberikan tambahan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Resep Jajanan Unik Stik Donat ala Chef Jerry Andrean

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Rahasia Affiliate Marketing, Dari Hobi Jadi Sumber Cuan Menggiurkan

BERIKUTNYA

Serial Ikonik Rugrats Siap Hadir Kembali di Layar Lebar dengan Sentuhan CGI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: