Handbag 1969 Nano dari Rabanne (Sumber Foto: Rabanne)

Menengok Handbag 1969 Nano dari Rabanne, Tas Termahal di Paris Fashion Week S/S 2025

28 September 2024   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah handbag atau tas tangan yang dipamerkan di pekan mode Paris Fashion Week Spring/Summer 2025 menarik perhatian para pecinta fesyen di seluruh dunia. Selain tampilannya yang cantik dan mewah, tas tersebut menajdi sorotan lantaran harganya yang sangat fantastis.

Rupanya tas  tangan ini merupakan keluaran rumah mode Rabanne. Setelah sukses dengan rancangan gaun rantai besi untuk Chappell Roan di MTV VMAs 2024, Rabanne kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan tas yang diberi nama 1969 Nano. 

Mengutip WWD, rumah mode Prancis yang berdiri pada 1966 tersebut memberikan penghormatan kepada mendiang Françoise Madeleine Hardy yang dikenal sebagai penyanyi dan ikon fesyen yang berjaya di era 1960-an. 

Baca juga: Anthony Vaccarello Kembali ke Akar dengan Koleksi Maskulin untuk Saint Laurent S/S 2025

Adapun penyanyi itu baru saja tutup usia pada 11 Juni 2024 lalu. Paco Rabanne atau Francisco Rabaneda Cuervo, desainer dan pendiri rumah mode tersebut pernah membuatkan tas Nano disc shoulder bag untuk mendiang Hardy pada 1969. 

Desainnya yang klasik tapi berani, mencerminkan estetika khas Paco Rabanne. Mengeksplorasi elemen-elemen metalik, tekstur unik, dan detail yang rumit. Tas ini tak hanya menawarkan fungsi, tetapi juga merepresentasikan keanggunan dan kemewahan.

 

 
Adapun tas tangan 1969 Nano merupakan hasil kolaborasi antara Rabanne dan jenama perhiasan Prancis, Arthus Bertrand. Mereka menghabiskan 100 jam untuk mengerjakan tas tersebut. Menariknya, tas tangan ini terbuat dari 100 medali emas 18 karat.

Handbag berbentuk persegi tersebut dibanderol seharga US$279.000 atau sekitar Rp4,2 miliar. Harganya lebih tinggi dari tas mewah yang saat ini ada di pasaran, bahkan melampaui beberapa model tas Hermès Birkin.

Tas Birkin biasanya seharga US$17.000 hingga US$200.000 (setara Rp257 juta hingga Rp3 miliar), tergantung ukuran dan tahun pembuatannya. Namun, rekor tas dengan harga fantastis tetap dipegang oleh Hermès Birkin. 

Berdasarkan Soetheby's sebagai platform merangkum daftar tas termahal, tercatat Diamond Himalaya Birkin 30 dibanderol dengan harga US$450.000 atau setara Rp6,8 miliar pada 2022. Dengan demikian, tas tangan 1969 Nano harganya hampil menyaingi model termahal tas Hermès Birkin.

Di samping tas tangan 1969 Nano, Direktur Kreatif Rabanne, Julien Dossena juga membuat kenang-kenangan berupa chainmail artau scarf eksklusif sebagai penghormatan pada sosok Hardy. Aksesori tersebut melengkapi gaun mini dengan ornamen renda emas pada presentasi mode Rabanne di Paris Fashion Week 2025.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Sound Healing, Terapi Kesehatan Mental dengan Alat Musik Tradisional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: