Still photo The Substance (Sumber gambar: X/The Substance)

Film Skenario Terbaik Cannes The Substance Diputar di Jakarta World Cinema 2024

24 September 2024   |   13:08 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta World Cinema (JWC) 2024 memilih The Substance, karya terbaru sutradara Coralie Fargeat sebagai film pembuka festival. Film yang dibintangi Margareth Qualley, Dennis Quaid, dan Demi Moore ini memang tengah jadi buah bibir pencinta sinema dunia saat ini.

Karya produksi Working Title Films, Blacksmith, dan Universal Pictures ini diakui sebagai salah satu film penting tahun ini. Film ini juga telah menorehkan prestasi tak main-main di berbagai festival film dunia.

Baca juga: Madani International Film Festival 2024: Simak Program, Daftar Film & Jadwal Pemutarannya

Di Cannes Film Festival 2024, The Substance masuk ke dalam dua nominasi bergengsi, yakni Palme d’Or dan Penulis Skenario Terbaik. Film ini kemudian berhasil memenangkan piala Penulis Skenario Terbaik di festival tertua di dunia tersebut.

Saat tayang di Cannes, The Substance juga disambut dengan begitu meriah. Ketika selesai diputar, film ini mendapat standing ovation hingga 13 menit lamanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MUBI Canada (@mubicanada)


Film berdurasi 2 jam 21 menit ini juga berjaya di Toronto International Film Festival (TIFF) 2024. The Substance berhasil membawa pulang piala People’s Choice Awards dalam sesi Midnight Madness.

Tak hanya diakui sebagai film penting oleh sejumlah festival dunia, The Substance juga banjir pujian dari para kritikus. Situs Rotten Tomatoes misalnya, memberikan tingkat kesegaran film ini hingga 89 persen.


Sinopsis Film The Substance

Film The Substance bercerita tentang Elisabeth Sparkle (Demi Moore). Dia adalah bintang TV aerobik berusia 50 tahun yang tengah berada di akhir kariernya. Penuaan pada tubuhnya membuatnya mesti bersiap menepikan diri dari gemerlap dunia selebritas.

Suatu ketika, Elisabeth mendapat penawaran obat dari pasar gelap berlabel The Substance. Obat itu diklaim sebagai solusi atas penuaan yang kini makin meredupkan kariernya.

Obat The Substance ini diaplikasikan ke tubuh melalui suntikan. Serum akan masuk ke dalam tubuh dan langsung meregenerasi seluruh sel di dalamnya. Elisabeth pun berubah menjadi versi yang lebih muda.

Versi diri yang lain itu diberi nama Sue (Margaret Qualley). Dia akan melanjutkan karier Elisabeth untuk tetap bersinar di televisi. Namun, sebagai sebuah obat, The Substence juga punya konsekuensi.

Sosok versi Sue dan versi Elisabeth rupanya harus dihidupkan secara bergantian, masing-masing satu minggu. Situasi pun menjadi makin pelik, terutama ketika versi dirinya yang asli dan versi yang lain mulai menunjukkan ego dan pikiran yang berbeda.
 


Agenda Jakarta World Cinema

Jakarta World Cinema berlangsung pada 21-28 September 2024. Memasuki edisi ketiga, festival yang masih terbilang baru tersebut akan kembali menyajikan film-film terkurasi yang patut untuk diantisipasi tahun ini. 

JWC 2024 juga bakal diisi oleh lebih banyak film dari berbagai belahan benua. Untuk tahun ini, JWC bakal membawa 120 ilm dari 61 negara. Lebih dari seratus film itu akan diputar ke dalam 10 program berbeda.

Setelah 2 tahun pertama JWC hadir sebagai festival film nonkompetisi, tahun ini JWC memperkenalkan First Feature Competition. Program kompetisi ini akan diikuti oleh 13 film debut dari berbagai negara.

Baca juga: Serba-serbi Jakarta Film Week 2024: Exclusive Screening hingga Festival Ambassador

Nantinya, film akan memperebutkan dua kategori penghargaan bergengsi, yakni Best Director dan Best Film. Tiga juri yang ditunjuk dalam kompetisi ini adalah Lola Amaria, Yosep Anggi Noen, dan Makbul Mubarak.

JWC 2024 digelar secara luring di CGV Grand Indonesia. Adapun beberapa film lainnya bisa juga disaksikan secara daring melalui streaming di KlikFilm. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Morfem Luncurkan Music Video Lagu "Di Sini Saja (Jangan Kemana-mana)"

BERIKUTNYA

Profil Band Rock The Script yang Bakal Konser di Jakarta & Surabaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: