Spicy Cucumber Salad atau Oi Muchim. (Sumber gambar: Maangchi/YouTube)

Resep Spicy Cucumber Salad atau Oi Muchim, Lauk Pendamping Korea yang Segar & Pedas

23 September 2024   |   09:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Spicy Cucumber Salad atau Salad Mentimun Pedas adalah salah satu kuliner khas Korea Selatan yang menjadikan mentimun sebagai bahan utamanya. Makanan yang dinamai Oi Muchim ini biasanya dinikmati sebagai lauk pendamping nasi atau hidangan pembuka.
 
Salad mentimun pedas disantap sebagai lauk pendamping atau hidangan pembuka oleh masyarakat Korea karena menyegarkan di mulut, dan mampu meningkatkan nafsu makan dengan cita rasanya yang asam, gurih, dan sedikit pedas.
 
Melansir Korean Bapsang, Oi Muchim adalah salad mentimun pedas. Dalam bahasa Korea, "Oi" berarti mentimun, dan "Muchim" berarti dicampur dengan bumbu. Hidangan ini adalah lauk sederhana (banchan) yang dibuat dengan mentimun renyah.
Salad Mentimun Pedas enak dinikmati dengan berbagai hidangan Korea sekaligus dapat menjadi pengganti kimchi, yang dapat dibuat dengan cepat. Menukil dari My Korean Kitchen, Salad Mentimun Pedas adalah salah satu hidangan andalan masyarakat Korea terutama pada musim semi dan panas.
 
Aroma mentimun yang ringan dan menyegarkan dipadukan dengan rasa pedas, sedikit manis, dan asam menambah sensasi nikmat di lidah, menjadikannya hidangan yang sempurna untuk membangkitkan selera makan di hari yang panas.
 
Umumnya, salad mentimun Korea direkomendasikan untuk disiapkan sekitar 15 menit sebelum disajikan agar tekstur mentimun tetap segar dan renyah. Sebaliknya, salad yang dibuat lebih lama dari waktu makan dapat membuat mentimun agak lembek dan mengencerkan bumbunya karena kandungan air alami dalam mentimun.
 
Sebagai opsi, bisa juga menyimpan salad mentimun berbumbu selama sekitar 30 menit di lemari es untuk meningkatkan tekstur dan rasa. Oi Muchim yang sudah disimpan sehari dalam lemari es akan menghasilkan rasa lebih enak, meskipun tidak disarankan untuk menyimpannya lebih dari 2 hari guna mendapatkan rasa yang optimal.
 

Spicy Cucumber Salad atau Oi Muchim. (Sumber gambar: Maangchi/YouTube)

Spicy Cucumber Salad atau Oi Muchim. (Sumber gambar: Korean Bapsang)

Meskipun bisa menggunakan mentimun renyah apa pun untuk membuat Oi Muchim, mentimun Korea disebut sebagai bahan yang paling ideal dalam membuat hidangan ini. Mentimun Korea umumnya berwarna cerah, berbentuk ramping dan bergelombang dengan kulit tipis. Mentimun ini tidak banyak bijinya, sehingga sangat renyah dan lezat. 
 
Untuk membuat Oi Muchim, disarankan untuk memberi sedikit garam pada irisan mentimun terlebih dahulu sebelum diolah, dan diamkan beberapa saat untuk mengeluarkan airnya lalu buang cairan yang berlebih. 
 
Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membuang kelebihan air setelah pengasinan akan membuat hidangan tidak terlalu berair. Selain itu, proses pengasinan juga membuat hidangan salad mentimun nantinya menjadi lebih renyah. 
 
Berbeda dengan Kimchi yang membutuhkan proses cukup lama, membuat Salad Mentimun Pedas relatif lebih mudah dan cepat. Jika Genhype tertarik untuk membuatnya, berikut adalah resep yang bisa dicoba di rumah, dikutip dari Maangchi.
 

Resep Salad Mentimun Pedas (Spicy Cucumber Salad) untuk 4 orang

 

Bahan-bahan:

  • 3 buah mentimun Kirby atau mentimun renyah jenis apa pun, cuci bersih
  • 1/2 buah bawang bombai, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdt gochugaru atau bubuk cabai khas Korea
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdt biji wijen sangrai
  • 1 sdt gula pasir (opsional)


Cara Membuat:

  1. Potong mentimun menjadi dua bagian memanjang lalu potong secara miring menjadi irisan tipis;
  2. Masukkan potongan mentimun ke dalam mangkok besar lalu tambahkan bawang bombai, daun bawang, bawang putih, kecap asin, gochugaru, minyak wijen, biji wijen, dan gula pasir;
  3. Aduk rata dengan sendok sampai semua bumbu termasuk gula pasir larut dengan baik;
  4. Sajikan sebagai hidangan pembuka atau lauk pendamping untuk nasi, mi, ataupun BBQ.
  5. Jika tidak langsung dihidangkan, simpan salad mentimun dalam lemari es namun jangan lebih dari 2 hari untuk menjaga kualitas tekstur dan rasa.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Sejarah & Tema Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional 2024

BERIKUTNYA

7 Makanan yang Wajib Dihindari saat Menjalani Diet Keto, Roti sampai Nasi Merah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: