Film Emilia Perez (Sumber gambar: TIFF/Pathe/Netflix)

Film Emilia Perez Jadi Wakil Prancis di Panggung Oscar 2025

20 September 2024   |   09:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Film yang dibintangi oleh penyanyi sekaligus aktris Amerika Selena Gomez, berjudul Emilia Perez telah resmi dipilih oleh Komite Film Prancis sebagai wakil negara tersebut untuk ajang Oscar 2025, tepatnya di kategori Best International Feature Film Academy Awards ke-97. 

Film yang disutradarai oleh Jacques Audiard itu sebelumnya telah mendapatkan sejumlah pengakuan. Emilia Perez berhasil meraih dua penghargaan besar di Cannes Film Festival 2024, yang menunjukkan kualitas dan daya tarik film ini.

Selain itu, film ini juga menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus yang memuji berbagai aspek seperti penampilan para aktornya, alur cerita, dan gaya penyutradaraannya. Dengan berbagai pencapaian ini, harapan tinggi kini tertuju pada film tersebut untuk bersaing di panggung Oscar. 

Baca juga: Film Women From Rote Island Wakili Indonesia di Piala Oscar 2025 

Melansir Variety, film Emilia Perez menampilkan Karla Sofía Gascon dalam perannya sebagai seorang ratu narkoba yang akhirnya menerima dan mengungkapkan jati dirinya sebagai seorang perempuan.

Film berbahasa Spanyol ini mendapatkan perhatian luar biasa di Festival Film Cannes, yang menerima tepuk tangan terlama dari penonton. Selain itu, film ini berhasil meraih penghargaan Jury yang dipimpin oleh Greta Gerwig, serta penghargaan untuk aktris terbaik yang diberikan kepada seluruh pemeran, termasuk Gascón, Zoe Saldana, Selena Gomez, dan Adriana Paz.

Keberhasilan film ini di Cannes menunjukkan kualitasnya yang tinggi dan daya tarik cerita yang kuat. Setelah acara perdana yang sukses tersebut, film ini kemudian dibeli oleh Netflix untuk didistribusikan di Amerika Serikat dan Inggris, sehingga semakin banyak orang dapat menikmati kisah inspiratif ini.

Walaupun Emilia Perez dianggap sebagai kandidat kuat untuk mewakili Prancis, film ini harus bersaing dengan beberapa judul lainnya yang juga menarik.

Komite Oscar Prancis telah mencatat empat film yang masuk dalam daftar pendek, termasuk The Count of Monte Cristo, yang merupakan film petualangan apik adaptasi dari novel klasik karya Alexandre Dumas; All We Imagine as Light oleh Payal Kapadia, dan karya thriller unik Misericordia karya Alain Guiraudie.

Rival terberat bagi Emilia Perez adalah The Count of Monte Cristo, yang telah menjadi hit besar di box office Prancis dengan lebih dari 8 juta tiket terjual sejak dirilis pada Juni 2024. Sementara itu, Emilia Perez berhasil menjual hampir 750.000 tiket di Prancis sejak dirilis pada 21 Agustus oleh Pathé.

Netflix rencananya akan menayangkan film ini di beberapa bioskop di  Amerika Serikat pada 1 November.

Adapun, Acara Academy Awards ke-97 atau yang lebih dikenal sebagai Piala Oscar 2025, dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3 Maret 2025 di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

Acara bergengsi ini menjadi momen penting bagi para pembuat film dan aktor, di mana mereka akan dipilih berdasarkan prestasi terbaik dalam industri perfilman. Sebelum malam penganugerahan, nominasi untuk Piala Oscar 2025 akan diumumkan pada tanggal 17 Januari 2025. 

Baca juga: Film I'm Still Here dan The Order Dapat Sorotan di TIFF 2024, Berpotensi Masuk Oscar?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Ponsel Xiaomi yang Dapat Pembaruan HyperOS 2.0

BERIKUTNYA

JICAF 2024 dan IHA Jalin Kemitraan, Kembangkan Seni Budaya Ilustrasi Kontemporer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: