Film Women From Rote Island. (Sumber gambar: Bintang Cahaya Sinema)

Film Women From Rote Island Wakili Indonesia di Piala Oscar 2025

19 September 2024   |   10:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Women Rote From Island terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards ke-97 atau Piala Oscar 2024. Film garapan sutradara Jeremias Nyangoen itu akan berkompetisi dalam kategori International Feature Film Award atau Film Fitur Internasional.

Informasi tersebut diumumkan oleh Bintang Cahaya Sinema, rumah produksi film itu melalui akun media sosial resmi mereka. Lewat akun Instagram @bintangcahayasinema, mereka mengunggah potongan surat elektronik dari Komite Seleksi Oscar Indonesia yang menetapkan WFRI sebagai perwakilan Indonesia di ajang Piala Oscar 2025.

Baca juga: Cerita Linda Adoe, ASN yang Didaulat Jadi Pemeran Utama Film Women from Rote Island
 
"Bersama ini kami sampaikan informasi bahwa Komite Seleksi Oscar Indonesia 2024 telah menetapkan film produksi Saudara yang berjudul Women From Rote Island, produksi Bintang Cahaya Sinema dan Langit Terang Sinema sebagai Film Pilihan untuk mengikuti ajang Piala Oscar ke-97 untuk kategori penghargaan Film Fitur Internasional," demikian tulis surat tersebut.

Women From Rote Island terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar 2025 setelah diseleksi bersama 15 judul film Indonesia lainnya oleh Komite Seleksi (Komsel) Oscar Indonesia yang diisi oleh 9 perwakilan insan perfilman Tanah Air yakni, Deddy Mizwar, Cesa David Lukmansyah, Edwin Nazir, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Ratna Riantiarno, Slamet Rahardjo, Thoersi Argeswara dan Widyawati.
 
Sebelumnya, Komsel Oscar Indonesia telah membuka pendaftaran secara terbuka untuk film-film yang mengikuti seleksi pada 1-31 Agustus 2024. Dilanjutkan dengan proses seleksi pada 4-17 September 2024, hingga penentuan film pilihan pada 18 September 2024. Nantinya, Komsel Oscar Indonesia akan mengirimkan materi ke pihak Oscar pada 2 Oktober 2024.
 

Penghargaan Academy Awards kategori Film Fitur internasional sendiri dianugerahkan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris. Kategori itu dimulai pada Academy Awards yang diadakan tahun 1956. 
 
Untuk tahun ini, film yang dikirimkan harus telah dirilis di bioskop di negara masing-masing antara 1 November 2023 dan 30 September 2024.
 
Dalam kategori tersebut, film Women From Rote Island akan bersaing dengan sejumlah film panjang lainnya dari berbagai negara diantaranya Under The Volcano (Polandia), Saturn Return (Spanyol), Family Time (Finlandia), In Her Place (Chili), Meeting with Pol Pot (Kamboja), Cloud (Jepang), dan 12.12: The Day (Korea Selatan).
 
Tahun lalu, terdapat 88 film yang masuk dalam seleksi kategori penghargaan Film Fitur Internasional di Piala Oscar 2024. Dari jumlah itu, ada 5 film yang berhasil masuk nominasi yakni Perfect Days dari Jepang, Io Capitano (Italia)Society Of The Snow (Spanyol),The Teachers' Lounge (Jerman), dan pemenangnya yaitu The Zone Of Interest  dari Inggris.
 
Adapun, perhelatan Academy Awards ke-97 akan diselenggarakan pada 2 Maret 2025. Ajang penghargaan film prestisius itu akan disiarkan secara langsung dari Dolby Theatre di Ovation Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat, ke lebih dari 200 wilayah di seluruh dunia.
 
Sebelum melenggang ke Oscar, Women from Rote Island (WFRI) telah menyabet sejumlah penghargaan dan bersafari ke berbagai festival film internasional. WFRI merupakan Film Terbaik Festival Film Indonesia 2023. Film ini juga masuk beberapa festival film dunia seperti New York Film Festival, Da Nang Asian Film Festival, hingga Cannes Film Festival.
 
Dari segi cerita, film Women from Rote Island berkisah tentang Orpha (diperankan Linda Adoe) yang suaminya baru meninggal dunia. Hal itu membuatnya kini tinggal bersama tiga anak perempuannya.
 
Orpha juga harus berhadapan dengan diskriminasi dan tradisi turun temurun yang membuat perempuan selalu menjadi gender kedua, di bawah laki-laki, dan menjadi korban kekerasan. Orpha pun berjuang untuk mendapatkan keadilan dari kekerasan yang dia dan kedua anaknya alami.
 
Seperti judulnya, film Women from Rote Island mengambil latar di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan menampilkan kerasnya kehidupan di sana yang begitu kontras dengan keindahan alam dan sumber dayanya.

Baca juga: Sutradara Jeremias Nyangoen Ungkap Ide Cerita Film Women From Rote Island

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Daftar 13 Kota Screening Film Home Sweet Loan Sebelum Tayang Resmi

BERIKUTNYA

Live Stream IShowSpeed Capai Belasan Juta View

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: