JICAF 2024 hadirkan 100 seniman lokal dan internasional. (Sumber foto: JICAF 2024)

Eksplore Kehidupan Dunia Urban, JICAF 2024 Siap Dihelat Selama 3 Pekan

19 September 2024   |   21:13 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) 2024 kembali digelar dengan mengusung tema "Chaotic City." Tema tersebut diambil untuk mengeksplorasi berbagai dinamika kehidupan urban melalui seni visual.

Acara ini diadakan di The Space, Senayan City, Jakarta, dan berlangsung dari 19 September hingga 6 Oktober 2024. Sebagai ajang seni kreatif terbesar di Indonesia, JICAF menghadirkan ruang bagi seniman dan penikmat seni dari berbagai latar belakang untuk bertemu, berkreasi, dan berkolaborasi.

Pada tahun ini, lebih dari 100 seniman lokal dan internasional berpartisipasi, dengan perwakilan dari 20 negara, seperti Kenya, Iran, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Usung Tajuk Supermarket, Pameran Ilustrasi JICAF 2023 Siap Dihelat di Jakarta

Melalui pameran ini, pengunjung dapat menikmati karya seni yang beragam serta terlibat langsung dengan para seniman melalui serangkaian kegiatan, termasuk art market, pameran, dan workshop interaktif. Acara ini memberikan ruang bagi penikmat seni untuk berinteraksi secara lebih dekat dengan seniman, memperluas apresiasi mereka terhadap dunia seni visual.

Sunny Gho, Creative Director JICAF, menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama JICAF adalah memberikan platform bagi para seniman visual, terutama ilustrator dan desainer mainan, untuk memperkenalkan karya mereka kepada publik.

Dia juga menegaskan pentingnya membangun komunitas kreatif yang inklusif, di mana seniman dari berbagai latar belakang dapat bertukar ide dan mengembangkan jaringan. “Kami ingin membentuk komunitas kreatif yang inklusif, tempat di mana seniman dan pencinta seni dari berbagai disiplin bisa berkumpul, saling berbagi, dan berinovasi. Acara ini memberikan panggung bagi visual artist untuk lebih dikenal, terutama di Indonesia,” kata Sunny dalam konferensi pers, Kamis (19/9/2024).

JICAF 2024 juga memiliki konsep yang spesial, dengan acara yang berlangsung selama tiga minggu penuh. Sunny menyebutkan bahwa tujuan durasi yang panjang ini adalah untuk memberikan waktu dan ruang yang cukup bagi para seniman visual agar bisa merayakan profesinya serta mendapatkan kesempatan lebih luas untuk dikenal.

"Kami berharap JICAF tahun ini bisa menjadi momentum bagi perkembangan profesi ilustrator di Indonesia, di mana mereka bisa bertemu dengan sesama seniman dari berbagai daerah di seluruh negeri," tambah Sunny.

Tidak hanya itu, JICAF 2024 juga menghadirkan kolaborasi menarik dengan Palari Films dalam merayakan delapan tahun berdirinya rumah produksi tersebut. Sebagai bagian dari perayaan ini, poster dari enam film Palari Films akan dipamerkan dan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

"Kami bekerja sama dengan Palari Films untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-8, di mana poster-poster dari film-film mereka akan menjadi bagian dari pameran," jelas Sunny.

 


Lebih lanjut, salah satu nama yang paling disorot dari line-up internasional adalah Sundae Kids, duo ilustrator asal Bangkok yang dikenal dengan gaya visual mereka yang khas dan narasi emosional yang mendalam.

Kehadiran mereka di JICAF 2024 memperkaya keberagaman karya seni ilustrasi, membawa perspektif segar dan relevan bagi audiens global. Bagi Genhype yang tertarik untuk mengunjungi JICAF 2024, tiket dapat dibeli melalui Loket.com atau partner Bank BCA di situs resmi acara. 

Baca juga: Merayakan Inklusivitas Seni Rupa Lewat Pameran Warna-warna

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Di Balik Layar Produksi Film Tulang Belulang Tulang, Ini Cerita Sang Sutradara

BERIKUTNYA

540 Karya Bertarung di JICAF 2024, Simak Kisah di Balik Proses Kurasi yang Ketat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: